Suksesor Sony Xperia 1 Akan Punya Resolusi Layar 5K Pertama di Dunia

advertise here
Meski popularitasnya di pasar smartphone dunia tidak seramai Xiaomi misalnya, sebagai sebuah pabrikan kelas dunia Sony tidak lantas menyerah begitu saja. Dua smartphone terbaru Sony, Xperia 1 dan Xperia 10 bahkan memiliki inovasi unik yang membuatnya berbeda dari smartphone mainstream yang rata-rata seragam. Rasio layar 21:9 menjadikan smartphone Sony tersebut terlihat ramping dan seksi bak model kelas dunia, di tengah-tengah keseragaman smartphone berponi, ber-waterdrop notch, hingga ber-punch hole.


Kini selang beberapa waktu sejak kemunculan dua smartphone terbaru Sony, smartphone baru siap dihadirkan kembali oleh Sony, tentunya dengan inovasi. Sekilas, terlihat sulit untuk memberikan upgrade setelah apa yang diberikan Sony untuk Xperia 1 - yap, smartphone terbaru Sony ini merupakan suksesor Xperia 1: layar 4K dengan panel HDR OLED pertama di dunia, rasio 21:9, hingga chipset flagship dan kamera menakjubkan, adalah beberapa diantaranya.

Tetapi sekali lagi karena ini Sony, tentu mereka memiliki rencana untuk menjadikan suksesor Sony Xperia 1 ini menjadi lebih menarik. Dari sebuah bocoran, sebuah smartphone Sony dengan model number J8220 akan segera dihadirkan oleh Sony. Sony mempertahankan rasio layar 21:9 seperti pada Xperia 1, tetapi meningkatkan resolusinya menjadi 5040 x 2160p, artinya smartphone terbaru Sony ini akan memiliki layar 5K. 

Tentu saja akan menjadi yang pertama di dunia.

Selain itu, Sony akan membuat Xperia 1R - nama smartphone ini - memiliki layar yang lebih kecil daripada Xperia 1, yaitu sekitar 6,1 inchi, sedikit lebih kecil daripada pendahulunya yang memiliki layar 6,5 inchi. Hal ini akan menjadikan kerapatan pixel pada layar smartphone ini menjadi lebih rapat, sekitar 899 pixel-per-inch. 

Lalu apa lagi yang bisa diupgrade oleh Sony? Prosesor tentu saja. Dengan kemunculan Snapdragon 855 Plus, tentu akan menarik jika Sony kemudian menggunakan prosesor tersebut sebagai prosesor Xperia 1R. Dengan kombinasi spesifikasi fisik yang luar biasa terutama pada layar, dan dukungan prosesor flagship teranyar, tentu akan menjadi perpaduan yang sempurna dan akan menjadikan Sony Xperia 1R ini sebagai Real Flagship dari Sony. Semoga saja Sony untuk kali ini tidak pelit untuk membenamkan baterai berkapasitas besar, mengingat Sony selalu senang dengan baterai berkapasitas kecil.

Untuk peluncuran dari Sony Xperia 1R ini sepertinya Sony akan menggunakan event IFA 2019 di Berlin pada September 2019 mendatang, dan fans serta penggila gadget biasanya bisa melakukan pre-order sebulan setelah peluncuran, yang artinya pada bulan Oktober. Secara tidak langsung, smartphone Sony Xperia 1R ini akan berkompetisi dengan Apple iPhone 11, yang tentu akan menarik. Meski pasar Apple terlihat lebih ramai, tetapi dengan keunggulan yang ditawarkan oleh Sony untuk Xperia 1R bisa jadi smartphone ini akan mencuri perhatian.
BERIKAN KOMENTAR ()