8 Cara Mudah Membuat Smartphone Lamamu Terasa Seperti Baru

advertise here

Baca Juga

Smartphone semakin hari semakin terjangkau, orang-orang yang gadget-freak mungkin akan berusaha ganti smartphone setiap tahun, atau bahkan setiap ada yang baru dirilis. Tentu jika menuruti keinginan, pastinya setiap ada smartphone baru akan dibeli. Tetapi tentu saja tidak bisa seperti itu, kecuali para konten-maker yang memiliki penghasilan dari situ. Kelemahan smartphone yang lebih lawas tentu saja selain desainnya yang tidak mengikuti perkembangan jaman, biasanya ada pada kinerjanya yang tidak secepat smartphone baru, dan juga penampilannya. Meski begitu, ada trik-trik atau cara untuk membuat smartphone lama terasa seperti smartphone baru. Bagaimana caranya?


GANTI WALLPAPERNYA
Mungkin terlihat sepele, tetapi nyatanya wallpaper juga bisa berpengaruh pada kinerja sebuah smartphone. Beberapa orang mungkin suka dengan wallpaper custom yang berasal dari aplikasi third-party. Walaupun memang terlihat lebih keren dan terlihat lebih personal, tetapi bisa jadi wallpaper tersebut membebani kinerja smartphone. Merubah wallpaper dengan wallpaper bawaan yang simpel mungkin akan sedikit membantu mengangkat performa smartphone lawas terasa seperti baru.

JANGAN LUPA GANTI NADA DERINGNYA JUGA
Sama seperti wallpaper, mungkin ada yang memilih nada dering tertentu untuk pemberitahuan yang masuk, misal pesan chatting atau telepon. Menggunakan nada dering asli bawaan smartphone juga bisa membantu meningkatkan performa smartphone lawas sehingga terasa seperti baru lagi.

BERSIHKAN BEKAS-BEKAS SIDIK JARI ATAU DEBU-DEBU DAN SEGALA JENIS KOTORAN, TERMASUK SIDIK JARI MANTAN
Untuk membuat smartphone lawas terasa seperti smartphone baru, membersihkan smartphone itu sendiri dari segala kotoran bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membuat smartphone lamamu menjadi terasa seperti baru. Gunakan pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan permukaan smartphone. Bersihkan segala jenis kotoran yang menempel di permukaan smartphone; misal sidik jari, debu, atau kenangan yang menempel yang membuatmu sulit move on.

PASANG CASE
Memasang case, baik itu softcase ataupun softcase bisa membantuk smartphone tetap terlihat bersih karena permukaannya terutama bagian belakang terlindungi dengan baik. Pastikan case yang dipasang cocok sesuai dengan tipe smartphone, dan pasang sesuai selera, bening transparan atau yang memiliki gambar. 

GUNAKAN CUSTOM LAUNCHER
Jika bosan dengan tampilan smartphone yang itu-itu saja, terutama bagi smartphone lawas yang mungkin sudah tidak mendapatkan update software ataupun UI dari perusahaannya, memasang custom launcher bisa menjadi pilihan yang menarik. Berbagai jenis tampilan, icon-icon menggemaskan, hingga widget-widget yang menarik bisa menjadikan smartphone-mu tampil beda. Hanya saja sesuaikan dengan kemampuan dan kinerja smartphone, jangan sampai menggunakan launcher malah membebani performa smartphone.

ATAU TAMBAHKAN CUSTOM LOCK SCREEN
Sama saja, custom lock screen ini bisa ditambahkan ke smartphone lawasmu untuk membuat smartphone terasa lebih baru, karena memiliki tampilan yang berbeda. Berbagai menu-menu bisa ditambahkan di custom lock, sehingga smartphone terasa lebih ringkas, mudah, dan tentunya terlihat seperti baru.

THEME
Setiap smartphone memiliki beragam theme atau tema yang bisa diakses dan diinstal sesuai dengan keinginan. Singkatnya, theme ini bisa merubah tampilan smartphone menjadi lebih lucu, seram, menggemaskan, simple, futuristik, atau apapun juga karena berbagai macam theme biasanya disediakan sesuai topik-topik tertentu. Jadi, memasang theme bisa menjadikan smartphone terlihat lebih baru dan menarik. Sesuaikan saja dengan hatimu, misal jika sedang marah pasang theme yang menyeramkan. Atau jika baru saja putus, pasang saja theme yang melow. Intinya theme ini sangat lengkap.

BERSIHKAN MEMORINYA
Ketika memori terutama memori internal pada smartphone mendekati penuh, maka biasanya kinerja smartphone akan terasa lebih lambat. Jika ini sudah terjadi, maka yang perlu dilakukan adalah membersihkan memori smartphone dari segala jenis file, serta memori kenangan bersama mantan yang mungkin masih ada di galeri berupa foto atau video. Hapus permanen sehingga memori smartphone bisa benar-benar bersih dan kinerja smartphone bisa ngebut terasa seperti baru.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat smartphone lawas terasa seperti baru. Smartphone baru memang terasa lebih keren, tetapi sambil menunggu budget terkumpul tidak ada salahnya membersihkan smartphone lamamu agar tetap terlihat menarik. 


BERIKAN KOMENTAR ()