Kupas Tuntas 5 Fitur Utama Samsung Galaxy Note 9

Kupas Tuntas 5 Fitur Utama Samsung Galaxy Note 9

Meski dirilis beberapa waktu lalu, tetapi nampaknya segala hal tentang smartphone flagship terbaru asal Negeri Ginseng Samsung, yaitu Galaxy Note 9 masih terasa menarik untuk dibahas. Sebagai generasi terbaru dari seri Galaxy Note, Galaxy Note 9 benar-benar menjadi penawar terutama di segmen baterai yang pada seri Galaxy Note 7, dimana kapasitas baterainya yang besar malah menjadikan perangkat tersebut bencana.

Samsung Galaxy Note 9 via slashgear.com
Setelah itu semuanya tahu bahwa kemudian Samsung bermain aman dengan mengurangi kapasitas baterai pada Galaxy Note 8. Dan ketika semua mata tertuju pada Samsung Galaxy Note 9, dari segala sisi smartphone ini memang mempesona dan tampak menjanjikan. Lalu, apa saja yang menjadikan smartphone ini sangat layak disebut sebagai smartphone yang menjanjikan? Kira-kira ada 5 hal, apa saja?

KAPASITAS BATERAI YANG BESAR
Seperti yang telah ditulis di atas, bahwa Samsung Galaxy Note 7 merupakan bencana terutama di sektor baterai dimana sering dijumpai kasus smartphone ini terbakar yang disebabkan kapasitas baterai. Kasus ini kemudian memaksa Samsung untuk menurunkan kapasitas baterai pada seri Galaxy Note selanjutnya yaitu Galaxy Note 8 yang hanya berukuran 3,300 mAh saja dimana dirasa masih cukup kecil untuk ukuran phablet.

Samsung Galaxy Note 9 mempunyai kapasitas baterai yang besar via idntimes
Pada generasi terbaru Galaxy Note yakni Galaxy Note 9, Samsung memutuskan untuk meningkatkan lagi kapasitas baterainya menjadi 4,000 mAh, lebih besar daripada dua seri sebelumnya. Pihak Samsung sendiri mengklaim bahwa baterai pada Galaxy Note 9 ini lebih aman daripada sebelumnya meskipun memiliki kapasitas yang lebih besar. Kapasitas baterai sebesar ini membawa Samsung Galaxy Note 9 menjadi pesaing utama dari Huawei Mate 10 yang memiliki kapasitas baterai 4,000 mAh.

TEKNOLOGI AI
Teknologi AI semakin jamak ditemukan pada smartphone bahkan di smartphone kelas menengah. Lalu apa yang membedakan AI yang digunakan Samsung ini? Pada smartphone kelas menengah, teknologi AI rata-rata dibenamkan pada sektor kamera, dimana teknologi ini akan mengenali objek yang akan dipotret kemudian mampu mengatur settingan kamera yang sesuai untuk objek secara mandiri sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Samsung Galaxy Note 9 juga dilengkapi AI via HotHardware
Sementara pada Samsung Galaxy Note 9, teknologi AI digunakan pada sektor yang berbeda yaitu di fungsi pengenalan scene yang memungkinkan perangkat menganalisa dan mengenali banyak scene, subjek, objek dan kemudian membuat pengaturan pada kameranya. Hal ini serupa pada perangkat flagship milik LG, yaitu seri ThinQ dan juga mirip dengan yang dimiliki Huawei.

NEW S-PEN
Salah satu yang paling menarik di seri Galaxy Note adalah adanya sebuah benda mirip pensil yang sering disebut S-Pen. Dan Samsung Galaxy Note 9 juga memiliki benda ini, yang memang sangat fungsional. Tetapi pada Samsung Galaxy Note 9, benda bernama S-Pen ini diperbarui oleh Samsung dan memiliki fitur yang unik. 

Samsung S-Pen lebih canggih via NDTVGadgets
Pada seri Galaxy Note ini, S-Pen dibekali dengan konektivitas Bluetooth LE dan juga terdapat sebuah tombol yang memiliki berbagai fungsi, diantaranya; mengaktifkan kamera dan mengatur volume musik. Dan kerennya, tombol pada S-Pen ini bisa diatur, fungsi apa sajakah yang bisa diaktifkan menggunakan Samsung S-Pen ini, semisal double-tap, single-tap, atau menahan tombol pada S-Pen bisa disesuaikan. S-Pen ini juga akan terisi baterai full hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Singkatnya, Samsung S-Pen ini layaknya sebuah remot untuk Galaxy Note 9.

KAPASITAS MEMORI INTERNAL BESAR
Samsung Galaxy Note 9 tidak lagi menggunakan kapasitas memori internal ecek-ecek, bahkan untuk seri Base-nya. Untuk seri Base atau basic, Samsung Galaxy Note 9 memiliki kapasitas memori internal yang besar yaitu 128GB yang tentu saja terasa sangat lega untuk menyimpan berbagai macam aplikasi atau game - terutama karena Fortnite yang eksklusif untuk Samsung Galaxy Note 9. Bukan itu saja, Samsung kabarnya juga bakal menyematkan kapasitas memori yang lebih besar lagi untuk varian lainnya yakni sebesar 512GB. Bisa jadi dengan kapasitas sebesar itu pengguna tak perlu lagi membawa laptop cukup dengan menenteng Samsung Galaxy Note 9.

KETIKA SAMSUNG MENDENGAR KELUHAN PARA FANS
Samsung memperbaiki segala hal yang dirasa kurang pada Galaxy Note 8, dan hasilnya adalah semua yang bisa dilihat dan dinikmati pada seri terbaru Galaxy Note 9. Terutama pada sisi desain, salah satu hal yang bagus adalah ketika Samsung mendengarkan keluhan dari konsumen. Pada seri sebelumnya, sensor sidik jari ditempatkan di samping kamera agak ke pinggir sehingga sedikit sulit dijangkau oleh pemilik jari yang tidak panjang. Kini, sensor sidik jari pada Galaxy Note 9 berada di tempat yang mudah dijangkau, bahkan tak perlu melihat sensor berada jari langsung bisa menemukan.

Letak sensor sidik jari pada Galaxy Note 9 yang dirubah letaknya via KompasTekno
Selain itu Samsung juga mempertahankan beberapa fitur yang disukai oleh fans, semisal fitur tahan air, wireless charging sampai pada headphone jack. Hal tersebut bagus dan memang layak untuk dipertahankan mengingat para fans menyukai teknologi-teknologi tersebut. Samsung juga mempertahankan external memori pada Galaxy Note 9 ini. Bayangkan saja, ketika kapasitas jumbo 512GB ditambah dengan microSD, maka bukan tidak mungkin perangkat ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 1TB. Tentu saja NFC tak ketinggalan.

Itulah lima hal yang menjadikan Samsung Galaxy Note 9 ini menjadi sebuah perangkat yang bisa dipertimbangkan, mengingat berbagai fitur yang dirasa kurang telah diperbaiki, kemudian fitur-fitur favorit fans juga dipertahankan yang membuat hubungan antara pihak Samsung dan fans akan terasa lebih intim. Jadi, tertarik memboyong Samsung Galaxy Note 9?

Anda mungkin menyukai postingan ini