Ingin Beli Realme X, Ini Keunggulan dan Kekurangannya

advertise here

Baca Juga

Realme Indonesia sudah mengkonfirmasi bahwa smartphone premium Realme yaitu seri X akan resmi masuk ke Indonesia 23 Juli mendatang. Harganya berkisar antara Rp 4.3 jutaan. Harga tersebut diklaim pantas karena Realme X membawa beberapa fitur menarik. Nah, bagi yang berencana ingin membeli Realme X, pahami dulu keunggulan dan kekurangan dari smartphone pop-up terbaru Realme ini.


KEUNGGULAN
DESAIN - Yang menjadi daya tarik utama Realme X ini adalah desainnya yang memang terlihat sangat menarik. Jadi tak heran jika desain Realme X ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Realme X. Meski tak terbuat dari kaca melainkan plastik, finishing berkilauan membuat tampilannya tak kalah keren dari smartphone kaca. Sementara frame metalnya juga membuat tampilan dan kesan kokoh menyatu dengan baik. Kemudian pop-up kamera juga menjadi daya tarik tersendiri.

KAMERA BERKUALITAS - Membawa kamera utama sebesar 48MP + 5MP, Realme X ternyata mampu mengambil gambar dengan kualitas yang baik. Selain itu Realme membekalinya dengan berbagai pengaturan bawaan yang bisa diatur sesuai dengan selera pengguna untuk mendapatkan kualitas gambar yang diinginkan. Kamera depannya yang sebesar 16MP juga sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan gambar selfie yang berkualitas.

PENGISIAN BATERAI SUPER CEPAT - Teknologi 20W VOOC Flash Charge yang digunakan Realme X ini tentu membuat pengisian baterai menjadi masalah enteng. Baterainya yang sebesar 3.765mAh mampu terisi dari 0 sampai penuh hanya dalam waktu kurang lebih 83 menit. Baterainya sendiri mampu bertahan sekitar 11 sampai 14 jam untuk penggunaan normal seperti browsing hingga multimedia.

KEKURANGAN
CHIPSET - Snapdragon 710 memang bukan chipset ecek-ecek, tetapi jika Realme X ini bisa menggunakan chipset yang lebih baru mungkin akan lebih gahar, meskipun berakibat secara tidak langsung pada harga yang akan meningkat. Secara performa Snapdragon 710 memang sudah mumpuni tetapi tentu masih ada chipset lain yang mungkin bisa digunakan. Snapdragon 730 mungkin?

BATERAI - 3.765mAh memang bukan baterai yang kecil, tetapi saat ini rata-rata smartphone muncul dengan baterai minimal 4,000mAh. Realme 3 Pro bahkan memiliki baterai yang lebih besar. Jika Realme X ini memiliki baterai minimal, katakanlah 4,000mAh tentu akan lebih mantap. Apalagi sudah mendukung teknologi VOOC Flash Charge yang mampu mengisi baterai dengan cepat.

SPEAKER - Speaker pada Realme X memang tidak buruk tetapi rasanya kurang nendang. Apalagi sebagai smartphone yang memang disiapkan untuk pasar menengah dengan spesifikasi mumpuni. Sektor Speaker rasanya memang harus diperbaiki oleh Realme, apalagi jika mereka benar-benar ingin bertarung di segmen gaming, karena speaker sangat penting.

SOFTWARE - Bagian ini bisa jadi selera, tetapi ColorOS6 berbasis Android Pie 9 yang digunakan pada Realme X ini terasa kurang konsisten. Tampilannya secara keseluruhan mirip dengan berbagai UI populer lain misal MIUI, dan lain-lain tetapi yang membuat terasa kurang adalah ada beberapa tampilan yang mirip dengan gaya iOS yang malah membuatnya terlihat aneh. 

Nah, itulah beberapa keunggulan dan kekurangan Realme X, smartphone premium terbaru Realme yang akan masuk ke Indonesia. Secara keseluruhan smartphone ini menawarkan pengalaman baru dalam menikmati smartphone bertenaga namun harganya masih terjangkau. 

Bagaimana, masih tertarik?
BERIKAN KOMENTAR ()