OPPO Membuat Aplikasi Chatting Tanpa Pulsa, WiFi, atau Bluetooth

advertise here
Berkirim pesan online atau yang sering disebut dengan chatting saat ini merupakan cara yang lebih populer daripada SMS (Short Message Service) yang sempat populer beberapa waktu lalu. Sejak kemunculan aplikasi BBM (BlackBerry Messenger), layanan berkirim pesan online ini menjadi populer sampai saat ini. Beberapa aplikasi chatting populer saat ini diantaranya adalah WhatsApp, Telegram, hingga Line. BBM sendiri malah sudah menghilang dari peredaran karena kalah bersaing dengan aplikasi lainnya.


Sebenarnya beberapa aplikasi chatting tersebut memiliki persamaan mendasar yaitu menggunakan jaringan internet untuk bisa berkirim pesan. Nah, hal inilah yang sedang coba dikembangkan oleh OPPO, salah satu brand smartphone populer asal China, yang disebut sedang membuat aplikasi chatting baru yang bisa digunakan tanpa pulsa, jaringan internet, hingga bluetooth.

Bagaimana bisa?

Aplikasi chatting yang bernama MeshTalk ini memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan, mulai dari pesan teks, suara, hingga melakukan panggilan telepon. Sayangnya untuk saat ini aplikasi ini baru bisa digunakan di smartphone OPPO, sehingga layanan chatting menggunakan MeshTalk ini baru bisa dilakukan sesama pengguna smartphone OPPO. OPPO menggunakan layanan terdesentralisasi menggunakan sistem end-to-end, dengan menggunakan sinyal yang terbenam di dalam smartphone.


Sinyal di dalam smartphone ini bisa memancarkan area lokal yang bisa saling menghubungkan antara smartphone OPPO dalam jarak tertentu. Disebutkan area lokal yang bisa saling terhubung mencapai paling jauh sekitar tiga kilometer. Lebih lanjut, OPPO mengklaim bahwa aplikasi ini tidak membuat baterai smartphone kehilangan daya dengan cepat. Aplikasi MeshTalk ini bahkan bisa tetap digunakan bahkan ketika daya baterai sedang dalam kondisi kritis.

Belum diketahui memang kapan OPPO akan meluncurkan aplikasi MeshTalk ini karena masih ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki semisal jarak sinyal karena jika hanya mencapai paling jauh tiga kilometer tentu masih belum terlalu bisa diharapkan. Selain itu OPPO juga belum merencanakan smartphone mana yang akan mendapatkan aplikasi ini nantinya. 

Jadi, tunggu saja kabar berikutnya.
BERIKAN KOMENTAR ()