Spesifikasi Lengkap Nokia 9 PureView - Smartphone dengan Lima Kamera Belakang Pertama

Konten [Tampil]
Nokia akhirnya benar-benar merilis smartphone "super" mereka yang sudah sejak lama hanya berupa bocoran, teaser, hingga rumor. Nokia 9 PureView, sebuah smartphone ambisius dari Nokia, yang memiliki lima kamera belakang, dan menjadikan smartphone ini sebagai smartphone pertama yang memiliki lima kamera - total enam - yang sekaligus mengiringi nama smartphone ini: Nokia 9 PureView Pentalens.


Sejak era Lumia, Nokia memang telah memiliki smartphone dengan kamera berkualitas baik, dan dalam hal ini Zeiss perlu mendapatkan kredit lebih. Kemudian setelah era kejatuhan mantan penguasa perangkat telekomunikasi ini, secara perlahan Nokia mulai kembali ke jalur yang benar. Untuk saat ini, Nokia 9 PureView bisa dibilang merupakan pencapaian terbaik dari Nokia setelah sekian lama. Benarkah begitu? Uraian singkat ini mungkin bisa membantu memutuskan apakah smartphone ini benar-benar sebuah mahakarya dari Nokia di era Android.

DESAIN
Satu kata: Klasik. 

Tetapi, klasik saja tak bisa menggambarkan wujud dari smartphone terbaru Nokia ini karena sekaligus terdapat ambisi, modernitas, inovasi, mewah, simple, nostalgia dan kata-kata lain yang tentu saja bermakna positif. Setidaknya secara pribadi, karena pandangan pertama untuk Nokia 9 PureView ini memang sederhana, terutama di bagian depan yang tak menunjukkan tren smartphone saat ini: notch, punch hole, hingga pop-up kamera. Desainnya cukup sederhana dan terlihat klasik, meskipun sebenarnya rasio layar 18:9 merupakan tren yang belum lama muncul.


Ke-klasik-an ini membuat tampilan depan Nokia 9 PureView terlihat biasa tetapi entah kenapa memunculkan kesan nostalgia, karena sebenarnya rasio 18:9 ini terlalu cepat berlalu. Bezel atas dan bawah memang terlihat cukup tebal, dan untuk yang satu ini pasti banyak yang akan menyayangkan. Secara pribadi (lagi-lagi), bezel yang cukup tebal ini bukan masalah yang terlalu serius. Logo Nokia berada di bagian pojok atas, dekat kamera depan. Penempatan logo ini membuat bezel bawah terlihat bersih dan bezel atas menjadi sedikit "ramai." Mungkin jika Nokia menempatkan logonya di bawah maka akan menjadi seimbang antara bezel atas dan bawah. 

Tetapi hal tersebut bukan menjadi masalah besar karena (hampir) dipastikan Nokia menempatkan logonya di bagian atas agar terlihat berbeda dengan smartphone lain. 


Beralih ke bagian belakang, disini terdapat lima kamera, satu LED Flash, dan satu TOF (Time of Flight) sensor yang disusun secara apik sehingga nampak menarik. Dengan seluruh permukaannya yang dilapisi kaca yang diperkuat dengan frame metal menjadikan tampilan Nokia 9 PureView memang lebih berkelas. Logo Nokia yang dicetak secara vertikal tepat berada di bawah kamera secara otomatis menghilangkan area untuk sensor sidik jari yang memang dipindahkan ke bagian depan, tepatnya di bawah layarnya. Ah, dan jangan lupakan Zeiss, yang juga muncul di bagian belakang tepat diantara kerumunan kamera belakang. Perlindungan Gorilla Glass 5 membuat Nokia 9 PureView lebih tahan guncangan hingga goresan. Selain itu Nokia 9 PureView juga tahan air dan debu berkat perlindungan IP67.

SPESIFIKASI
Di bagian depan, sebuah layar sebesar 5.99 inchi terbentang luas yang tentu terasa lega dan lebih nyaman karena tidak terganggu dengan adanya notch atau punch hole. Layar ini telah menggunakan panel OLED dengan resolusi tinggi QuadHD+ 2440x1440 pixels, HDR10 dan Always on Display. Kemudian seperti yang tertulis sebelumnya, Gorilla Glass 5 melindungi permukaan layar Nokia 9 PureView yang tentu menjadikan smartphone ini lebih tahan terhadap benturan.

Kemudian pada sektor harware, smartphone yang memiliki berat kurang lebih 172 gram dengan ukuran 155 x 75 x 8mm ini menggunakan prosesor Snapdragon 845, yang notabene bukan prosesor terbaru. Hal ini tentu akan memancing reaksi dari penggila smartphone karena prosesor terbaru yang lebih powerful dan kencang sudah digunakan oleh kompetitor-kompetitor Nokia yang lainnya. Tetapi tentu Nokia memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih prosesor flagship tahun 2018 ini. 

Tetapi kemungkinan hal ini bukan untuk menekan harga, karena Nokia, dikutip dari beberapa sumber telah mengoptimalkan algoritma untuk lima kamera belakang mereka menggunakan Snapdragon 845 dan bukan Snapdragon 855. Maka kemungkinan besar smartphone ini sudah sejak lama dikembangkan dan perlu waktu sampai ternyata kemudian Snapdragon 855 muncul. Tetapi mengingat Snapdragon 845 juga sebuah prosesor yang powerful tentu saja penggunaan prosesor ini hanya mengurangi sedikit sekali tingkat ke-flagship-an Nokia 9 PureView. Apalagi dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang sangat lega.

Kemudian untuk spesifikasi lainnya, Nokia 9 PureView memiliki daya tahan yang lumayan karena menggunakan baterai berkapasitas 3,320mAh yang juga telah didukung oleh Quick Charge 3.0 serta USB PD. Selain itu, Nokia 9 PureView juga mendukung fitur 10W Wireless Charging - terimakasih pada bodi kacanya. Kemudian sebagai smartphone terbaru, Nokia 9 PureView telah menggunakan sistem operasi Android 9 Pie murni sehingga memberikan keuntungan pada kecepatan, serta jaminan update sistem operasi untuk dua tahun ke depan dan patch keamanan untuk tiga tahun ke depan.

KAMERA
Tentu bagian ini menjadi yang paling menarik dan mencuri perhatian dari Nokia 9 PureView. Ketika Huawei menghebohkan penggila gadget dengan merilis smartphone tiga kamera dengan hasil yang menakjubkan, kini penggila gadget dunia kembali merasa "excited" dengan adanya lima kamera dari Nokia 9 PureView ini, terutama dengan hasil olah fotonya yang seharusnya sangat menakjubkan. Terbaru, hasil DxOMark mengalami pergeseran dengan Samsung S10 Plus yang memuncaki daftar dengan menyamai nilai dari duo Huawei, Mate 20 Pro dan P20 Pro. Lalu apakah kemudian hasilnya akan bergeser lagi dengan munculnya Nokia 9 PureView? Bisa jadi.

Setup kamera belakang Nokia 9 PureView adalah dua kamera RGB 12 Megapixel dan tiga kamera Monochrome 12 Megapixel. Lima kamera tersebut kemudian didukung dengan dual LED Flash dan sensor TOF atau Time of  Flight yang mulai banyak digunakan pada smartphone kelas flagship. Selain itu Nokia 9 PureView juga telah mendukung perekaman 4K HDR. Untuk melihat hasil kamera dari Nokia 9 PureView, di bawah ini ada beberapa contoh hasil kameranya yang diambil dari situs resminya di sini.







HARGA DAN KETERSEDIAAN
Untuk harganya, Nokia 9 PureView kemungkinan akan dibandrol dengan harga $699 atau sekitar Rp 9.7 jutaan. Kamera memang menjadi andalan utama bagi Nokia 9 PureView karena prosesornya yang menggunakan prosesor lawas. Untuk ketersediaan, Nokia 9 PureView diharapkan akan bisa beredar di pasaran pada bulan Maret 2019.

Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi Lengkap Nokia 9 PureView - Smartphone dengan Lima Kamera Belakang Pertama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel