Jarang Diketahui, Ini 5 Trik WhatsApp yang Mungkin Berguna

Konten [Tampil]
WhatsApp sampai saat ini masih menjadi aplikasi chatting paling populer diantara pengguna smartphone. Kemudahan serta keamanan menjadi beberapa hal utama yang menjadi pertimbangan para pengguna. Namun, dari berbagai fitur yang ada di WhatsApp, setidaknya ada lima trik berguna yang bisa dicoba. Trik-trik ini akan membuat pengalaman menggunakan WhatsApp lebih menarik dan lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan WhatsApp. Nah, bagi yang belum tahu, inilah lima trik WhatsApp yang jarang diketahui.


MENGETAHUI SIAPA YANG PALING SERING TERHUBUNG
Trik WhatsApp pertama adalah mengetahui orang yang paling sering dihubungi melalui aplikasi WhatsApp. Mungkin trik ini terasa tak begitu penting tetapi bagi sebagian orang hal ini bisa menjadi sebuah pengalaman baru dalam menggunakan WhatsApp. Untuk mencoba trik ini, pengguna bisa langsung mencoba dengan menuju Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan. Dari menu tersebut pengguna bisa melihat siapa dan grup mana yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan di aplikasi WhatsApp. 

MENYEMBUNYIKAN CHAT TANPA MENGHAPUS
Trik kedua menggunakan WhatsApp adalah menyembunyikan chat tanpa harus menghapus. Pesan yang disembunyikan disini hanyalah disembunyikan dari layar utama tanpa harus kehilangan obrolan tersebut. Hal ini bisa dilakukan untuk kontak personal maupun grup. Dan cara untuk melakukannya adalah: 

Mengarsipkan chat
- Di layar Chatting, tekan agak lama (long tap) pada chat yang ingin kamu arsipkan.
- Kemudian di bar atas, pilih ikon Arsipkan.
- Setelah itu, chat tersebut pun akan diarsipkan dan tidak akan dimunculkan di layar Chatting

Membuka chat yang telah diarsipkan
- Geser ke bagian bawah layar Chatting.
- Ketuk pada Chat yang diarsipkan.
- Tekan agak lama pada percakapan yang ingin dibuka dari arsip.
- Di bar atas, pilih ikon Buka arsip.

Mengarsipkan semua chat
- Ketuk pada Tombol Menu di layar Chatting untuk mengakses Setelan.
- Ketuk pada Chatting > Riwayat chatting > Arsipkan semua chat.

MEMBACA SEMUA PESAN TANPA MEMBUKA
Membaca disini tentu saja bukan dalam artian membaca satu persatu, tetapi merubah tanda centang yang tadinya berwarna abu-abu menjadi biru sebagai tanda sudah dibaca. Biasanya untuk obrolan grup yang bisa mencapai ratusan chat. Jika sudah terlalu malas untuk membaca satu persatu chat dari atas, maka trik WhatsApp yang satu ini bisa sangat berguna. Cara menggunakannya pun mudah, yaitu: pilih chat yang ingin dibaca, bisa langsung memilih banyak dengan cara menyentuh chat tersebut dan menahan agak lama, kemudian pilih tiga titik di pojok kanan atas dan kemudian pilih mark as read. Maka semua chat yang sudah dipilih akan berubah statusnya menjadi sudah dibaca.

MENGAKTIFKAN TWO-STEP VERIFICATION
Two Step Verification merupakan fitur keamanan tambahan yang memang sudah disediakan oleh WhatsApp. Fitur ini bekerja dengan cara memberikan nomor pin sebagai ijin akses membuka aplikasi WhatsApp, terutama ketika pengguna ganti ke smartphone yang baru. Langkah tersebut digunakan untuk mencegah agar nomor yang WhatsApp tidak disalahgunakan oleh orang lain. Untuk mengaktifkan fitur WhatsApp ini cukup cari Pengaturan>Akun>Two-Step Verification dan kemudian pengguna akan diminta membuat 6 digit yang nantinya akan dikirimkan ke email pengguna.

HOMESCREEN CHAT
Bagi sebagian smartphone, untuk membuka atau membalas chat yang masuk mungkin tidak bisa otomatis langsung dari homescreen, kecuali mungkin menaruh widget WhatsApp. Nah trik WhatsApp yang satu ini memungkinkan pengguna untuk membuat chat berada di homescreen sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan dalam membuka dan membalas chat tersebut. Untuk menggunakan trik ini, caranya mudah cukup pilih kontak atau grup yang ingin ditaruh di homescreen, kemudian pilih tiga titik di pojokan atas kemudian pilih menu lain atau Others. Setelah itu pilih Tambahkan Pintasan atau Add Shortcut. Pintasan chat secara otomatis akan langsung berada di homescreen smartphon pengguna.

Itulah lima trik WhatsApp keren yang jarang diketahui. Jika ingin merasakan pengalaman berbeda menggunakan WhatsApp trik di atas bisa dicoba dan rasakan perbedaannya.

Belum ada Komentar untuk "Jarang Diketahui, Ini 5 Trik WhatsApp yang Mungkin Berguna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel