Huawei Mulai Persiapkan Jaringan 5G di Asia Tenggara

Perusahaan elektronik terkenal asal China Huawei menjadi salah satu perusahaan terdepan yang mulai mengembangkan jaringan 5G untuk komunikasi. Huawei memang telah lama dikenal sebagai perusahaan yang sangat memperhatikan teknologi jaringan komunikasi dengan memiliki berbagai produk seperti modem dan tentu saja smartphone. Pencekalan yang dilakukan beberapa negara yang dipelopori oleh Amerika Serikat nampaknya tidak menyurutkan Huawei untuk terus berkembang. Bahkan, terdapat banyak negara yang masih tertarik kerjasama dengan Huawei.


Terbaru, Huawei dikabarkan sedang mempersiapkan untuk pengembangan jaringan 5G di wilayah Asia Tenggara, dalam hal ini dimulai dari Thailand yang sudah terang-terangan tertarik dengan jaringan 5G bersama Huawei. Thailand bahkan telah memiliki tempat ujicoba atau test-site yang berlokasi di Chonburi, sebuah wilayah di sebelah tenggara Bangkok yang berjarak kurang lebih 90 Km.

Wilayah Chonburi ini memang seolah seperti pusat teknologi-nya Thailand, karena terdapat beberapa perusahaan seperti Nokia, Ericsson, dan operator telekomunikasi Thai Telecom yang bertempat di wilayah ini. Dari beberapa sumber, Huawei sedang melakukan penjajakan dengan beberapa operator mengenai kemungkinan adanya jaringan 5G, seperti dengan operator Advanced Info Service Pcl dan TRUE untuk menyediakan jaringan 5G. Menurut rencana, Thailand akan meluncurkan jaringan 5G ini pada Desember 2020.

Ketika disinggung mengenai masalah Huawei yang dibanned oleh pemerintah Amerika Serikat, salah satu petinggi Thailand mengatakan tidak tahu menahu tentang masalah tersebut. Padahal bisa dibilang Thailand adalah salah satu sekutu Amerika Serikat di wilayah Asia Tenggara. 

Belum ada Komentar untuk "Huawei Mulai Persiapkan Jaringan 5G di Asia Tenggara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel