Meizu Diam-Diam Umumkan Smartphone Baru, Minim Tombol dan Ports

advertise here
Jika Vivo APEX 2019 sudah membuat banyak orang merasa takjub dengan desainnya yang terlihat sangat berbeda dengan kebanyakan smartphone yang ada saat ini, maka bersiaplah untuk lebih takjub dengan smartphone baru yang baru saja diumumkan oleh Meizu ini. Pengumuman yang tanpa teaser, poster, ataupun gembar-gembor ini bahkan sehari lebih cepat daripada pengumuman Vivo APEX 2019 yang cukup menghebohkan tersebut.


Adalah Meizu Zero, sebuah smartphone futuristik yang baru saja diumumkan oleh Meizu. Smartphone ini seakan menembus batas-batas dalam desain smartphone yang ada, yang bahkan masih dianut oleh berbagai brand besar termasuk Apple hingga Samsung, Huawei, dan yang lainnya. Pendekatannya hampir mirip dengan Vivo APEX 2019. Sebelum perilisan, Meizu hanya menunjukkan sebuah petunjuk berbunyi "holeless."


Tanpa lubang, atau jika itu terdengar terlalu ekstrim, bisa diartikan sebagai minim lubang.

Jika diamati, pada sebuah smartphone memang terdapat beberapa lubang diantaranya speaker, port USB, kemudian slot memori external dan kartu SIM, hingga lubang microphone atau noise cancellation. Kemudian jika merujuk pada petunjuk yang digunakan Meizu tersebut untuk menggambarkan Meizu Zero ini, apakah lantas semua lubang tersebut tak terdapat pada perangkat terbaru Meizu itu?

Bisa jadi.

Dan nyatanya memang begitu. Meizu merancang seri Zero ini tanpa lubang apapun pada permukaannya, termasuk lubang-lubang ports, termasuk port USB Type-C serta port untuk headphone, dan juga menghilangkan tombol. Kata "Zero" disini mungkin bermaksud menunjukkan bahwa smartphone ini bersih dari apapun, kecuali kamera belakang. Selain itu, Meizu Zero juga memiliki sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu, dan juga memiliki fitur wireless charging 18 watt, yang artinya lebih cepat daripada wireless charging milik Google Pixel 3. 


Slot untuk kartu SIM juga dihilangkan pada Meizu Zero ini sehingga penggunaan kartu SIM diganti dengan model eSIM, yang tidak membutuhkan kartu SIM fisik seperti rata-rata smartphone atau perangkat telekomunikasi saat ini. Dengan tak adanya slot kartu SIM, Meizu Zero juga tak memiliki slot untuk tambahan memori external. 

Selain port-port, tombol-tombol juga tak diperlukan pada Meizu Zero. Termasuk tombol power. dan tombol volume. Disini Meizu menggunakan tombol power virtual, yang secara konsep mirip dengan yang dilakukan oleh HTC U12 Plus, bedanya Meizu memasang teknologi yang lebih kuat sehingga tombol power virtual ini bisa bekerja dengan maksimal. 

Sejauh ini terdengar menarik? Ya, tentu saja. Untuk saat ini, spesifikasi singkatnya bisa diketahui baru sebatas di bawah ini:
6-inch AMOLED full-screen display
Snapdragon 845 chip
In-screen fingerprint scanner + face recognition
12MP Sony IMX380 + 20MP Sony IMX350 dual-camera setup
eSIM
Fast, 18-watt wireless charging
Bluetooth 5.0
mSound 2.0 screen sound technology

Pemilihan Snapdragon 845 daripada Snapdragon 855 rasanya tidak akan menjadi masalah dengan semua teknologi dan inovasi yang melengkapi smartphone ini. Disamping kemungkinan besar karena digunakan untuk lebih menekan harga sehingga menjadi tidak terlalu mahal. Meskipun nantinya jika ditarungkan head-to-head dengan Vivo APEX 2019 yang kemungkinan menggunakan Snapdragon 855 maka itu akan menjadi kelemahan tersendiri. Selain itu, dengan penggunaan eSIM, tentu belum semua negara sudah bisa menerapkan kebijakan tersebut sehingga hal itu juga bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. 

Tetapi disamping itu semua, smartphone ini datang dengan bodi terbuat dari keramik, bukan kaca. Meskipun memiliki keunggulan masing-masing tetapi penggunaan bodi dari bahan keramik ini memang memberikan kesegaran dan perbedaan dari rata-rata smartphone yang menggunakan bahan yang semuanya hampir sama yaitu kaca dengan finishing gradasi yang seragam. Penggunaan material keramik tentu memiliki keuntungan tersendiri karena berbeda. 

Dari semua keunikan Meizu Zero, yang belum bisa diamati lebih jauh adalah bagaimana ketika smartphone Meizu Zero ini akan dihubungkan dengan komputer, secara tidak ada port penghubung antara komputer dan smartphone-nya? Apakah dengan Bluetooth? Atau yang lainnya? Untuk sekarang, meskipun Meizu telah mengumumkan perangkat ini tetapi belum ada informasi detail khususnya untuk spesifikasi lengkapnya. Tunggu saja untuk informasi yang akan datang mengenai smartphone Meizu Zero ini.

BERIKAN KOMENTAR ()