Bukan Gorilla Glass, Nokia 8.1 Ternyata Gunakan Pelindung Layar Tangguh Ini

advertise here
Tetapi bukan berarti Nokia tidak menyertakan teknologi perlindungan untuk membuat layar Nokia 8.1 tahan goresan dan benturan. Memang, selama ini Gorilla Glass menjadi yang paling terkenal dalam hal perlindungan permukaan smartphone, baik itu permukaan layar atau bodi belakangnya. Terutama yang menggunakan material kaca sebagai bahan utama. Jika ada teknologi perlindungan yang lain mungkin ada Dragontrail, tetapi nampaknya pengguna  Dragontrail mulai berkurang sehingga dominasi Gorilla Glass terasa sangat jelas.


Jika dibandingkan, mungkin sama seperti Qualcomm, yang sekian lama menjadi pemasok utama chipset untuk sebagian besar smartphone. Meskipun ada chipset lain yang juga digunakan, Qualcomm menjadi yang terkenal. Tentu hal ini karena teknologi yang diciptakan oleh Qualcomm memang benar-benar berkualitas sehingga banyak yang menggunakan. 


Kembali ke perlindungan layar. Meskipun Gorilla Glass mendominasi, bukan berarti tak ada perlindungan layar lain karena Nokia, ya, Nokia menggunakan sebuah perlindungan layar untuk smartphone-nya yang terbilang masih baru yaitu Nokia 8.1, dengan sebuah pelindung bernama Dinorex yang dibuat oleh perusahaan NEG. Nama ini tentu saja masih belum begitu akrab di telinga penggila gadget, karena ya itu tadi, Gorilla Glass memang sudah sangat mendominasi.

Lalu kenapa Nokia memilih untuk menggunakan pelindung Dinorex yang tidak terkenal alih-alih Gorilla Glass yang pasti sudah banyak dikenal? NEG (Nippon Electric Glass), perusahaan yang menciptakan Dinorex adalah perusahaan yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini memiliki teknologi yang kurang lebih sama dengan Corning, perusahaan yang menciptakan Gorilla Glass yaitu dengan menggunakan ion pada permukaan kaca untuk menjadikannya lebih kuat.

Untuk saat ini, Dinorex tercatat digunakan oleh beberapa smartphone seperti Nubia Red Magic Mars dan Meizu. Dengan semakin banyaknya perusahaan smartphone yang menggunakan Dinorex dari NEG ini tentu harapannya akan menjadi sebuah persaingan yang menarik antara Corning Gorilla Glass, NEG Dinorex dan juga Asahi Dragontrail. Seperti diketahui, pelindung layar Dragontrail juga pernah digunakan oleh Samsung, Sony, dan juga BlackBerry. Dan bukan tidak mungkin mereka akan menggunakannya lagi di masa depan. (sumber)
BERIKAN KOMENTAR ()