Si Kecil Kecanduan Gadget? Kenalkan IMO S2, Smartphone Khusus untuk Anak-Anak

advertise here

Baca Juga

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini gadget terutama smartphone sudah banyak menjangkiti anak-anak. Dengan dalih agar anak tidak berisik atau menangis, banyak orang tua yang kemudian menggunakan smartphone sebagai alat untuk membuat anak-anak terhibur. Anak-anak memang terhibur, tetapi jika hal seperti itu dilakukan secara terus menerus, maka pasti ada ketergantungan pada smartphone. Dan lagi, anak akan kecanduan.


Masalahnya, seringkali orang tua menggunakan smartphone milik mereka yang notabene adalah sebuah perangkat yang dirancang khusus untuk orang-orang yang sudah dianggap dewasa. Nah, bisa dibayangkan jika kemudian ketika sedang digunakan oleh anak, ada pesan masuk via aplikasi pengirim pesan atau email, kemudian karena ketidaktahuan kemudian pesan itu dibaca oleh anak. Lebih buruk lagi jika pesan tersebut dibalas oleh anak.


Memang, anak-anak saat ini sepertinya sudah sangat akrab dengan smartphone dan akan sulit membiasakan lagi untuk melewati hari-hari tanpa smartphone. Meskipun bisa menggunakan sistem waktu atau jadwal, tetapi sepertinya anak-anak sudah terlalu senang dengan smartphone. Masalahnya, smartphone yang banyak beredar sekarang adalah ditujukan untuk orang-orang dewasa, dan sangat sulit menemukan smartphone yang khusus dirancang untuk anak-anak.

Tetapi, sulit bukan berarti tak ada.

Adalah IMO S2, sebuah smartphone yang dirancang khusus untuk pengguna segmen anak-anak. Uniknya, meskipun memilih segmen untuk anak-anak, tak ada corak kartun, atau corak khas anak-anak pada smartphone ini. Bahkan smartphone IMO S2 ini malah terlihat seperti smartphone orang dewasa; memiliki layar bezel-less dengan rasio 18:9 dengan tampilan minimalis mirip seperti smartphone kebanyakan beredar di pasaran.


Meski begitu, Tesco Mobile - pembuat smartphone ini - tetap menyisipkan program khusus yang bisa digunakan untuk melindungi anak-anak, yang menjadi target utama pengguna smartphone ini. Tesco Mobile menyisipkan sebuah aplikasi bernama Monqi, yang bisa digunakan untuk melacak dimana anak berada dengan mudah. Monqi ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya melacak anak, kontrol orangtua, internet aman, remote-lock, family-chat, dan kumpulan berbagai aplikasi dan game yang tentunya ramah untuk anak-anak.

Tampilan Minqi pada IMO S2
Fitur-fitur tersebut tentunya sangat penting, karena smartphone bisa digunakan hampir untuk apa saja. Seringkali internet menampilkan halaman yang belum waktunya untuk anak-anak. Dengan layanan internet aman atau safe internet, anak-anak bisa lebih aman dan leluasa dalam berselancar tanpa khawatir menemukan halaman-halaman atau konten dewasa. 


Selain itu, berbagai aplikasi dan game yang tersedia di toko aplikasi Jungle yang ada pada smartphone ini juga aman untuk anak-anak. Semua aplikasinya tak ada yang memiliki opsi pembelian, dan dijamin bebas iklan. Selain itu orangtua dapat melakukan pengawasan apa saja yang diakses anak, pesan apa saja yang masuk ke smartphone milik anak sehingga lebih aman. Bahkan orang tua bisa menonaktifkan smartphone ini dari jarak jauh. Hal ini tentu berguna ketika anak sedang belajar agar smartphone tidak mengganggu.

Selebihnya, IMO S2 merupakan smartphone pada umumnya. Memiliki kamera yang tentu saja bisa digunakan untuk melakukan kegiatan berfoto-foto ria, baik menggunakan kamera depan atau belakang. RAM nya pun sudah 2GB yang sudah lebih dari cukup untuk digunakan oleh anak-anak. Untuk harganya pun tidak terlalu mahal, kurang lebih Rp 2 jutaan. Bagaimana, tertarik membelikan smartphone ini untuk si kecil?
BERIKAN KOMENTAR ()