Chipset Battle: MediaTek Helio P80 Kalahkan Kirin 980 dan A12 Bionic

advertise here

Baca Juga

Bukan hanya smartphone, persaingan yang tak kalah seru juga terjadi diantara para pemasok chipset untuk smartphone. Selama ini bagian chipset dikuasai hanya oleh Qualcomm Snapdragon untuk Android, dengan diikuti oleh Kirin milik Huawei, Exynos milik Samsung, dan kemudian MediaTek. Di luar Android, chipset Bionic menjadi satu-satunya yang superior dan secara kinerja bisa menyaingi Snapragon.


Tetapi persaingan chipset ini semakin bergairah akhir-akhir ini, setelah Kirin 980 dirilis bersamaan dengan perilisan Huawei Mate 20 Series yang didukung penuh dengan kinerja Artificial Intelligence secara optimal dan A12 Bionic milik Apple, produsen chipset lain terpantik untuk merilis chipset baru. Qualcomm Snapdragon 8150, meski belum resmi telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan mengungguli skor AnTuTu baik Kirin 980 dan A12 Bionic yang telah menggunakan fabrikasi 7nm.


Kini yang semakin mengejutkan, sekaligus memberikan surprise, MediaTek yang selama ini dianggap sebagai medioker, menunjukkan sebuah chipset baru yaitu MediaTek Helio P80. Yang mengejutkan adalah, skor kinerja Helio P80 ini ternyata bisa mengungguli Kirin 980 dan A12 Bionic dan menempel ketat Snapdragon 8150. Skor ini didasarkan pada kinerja AI, dimana Snapdragon 8150 mendapatkan skor 22,082 sementara MediaTek Helio P80 mendapatkan skor 19,453 mengungguli Snapdragon 845.

Skor tersebut diukur dari chipset yang digunakan pada beberapa smartphone. Snapdragon 8150 dev-platform dan MediaTek Helio P80 dev-platform menjadi pemuncak dengan menduduki peringkat pertama dan kedua. Peringkat ketiga diduduki oleh Snapdragon 845 yang digunakan oleh OnePlus 6. Cukup mengejutkan bukan ASUS ROG Phone, karena smartphone gaming ASUS ini menggunakan chipset yang sama dengan kinerja yang telah ditingkatkan.

Untuk melihat hasil peringkat secara lengkap bisa dilihat pada daftar disini
BERIKAN KOMENTAR ()