Seperti Inilah Smartphone Terbaru Nubia yang Berkonsep Dual Screen

advertise here
Perlahan namun pasti, tren smartphone mulai bergeser ke smartphone dengan layar penuh, bezel tipis di empat sisinya serta tampilan yang menarik. Sejak Vivo Nex, beberapa pabrikan smartphone mulai berlomba-lomba membuat smartphone yang memiliki layar penuh, tetapi sampai saat ini baru Oppo Find X yang sudah benar-benar beredar di pasaran. Honor Magic 2 belum dirilis, dan kini satu lagi meramaikan pasar full-screen phone, Nubia dengan seri terbarunya yaitu Nubia X.


Nubia, yang merupakan bagian dari ZTE ini memang gemar memproduksi smartphone dengan tampilan unik. Beberapa waktu lalu, Nubia memamerkan seri Alpha yang bisa dipasang melingkar di pergelangan tangan layaknya jam tangan. Terbaru, Nubia disebut-sebut sedang mengembangkan smartphone yang memiliki layar penuh, dan sekaligus memiliki dua layar. 

Ya, dua layar. Di depan dan di bagian punggungnya. Hampir sama dengan Meizu beberapa waktu lalu, yang sayangnya kurang mendapatkan perhatian dari penggila gadget.


Sekilas, Nubia X ini akan memiliki layar utama sebesar 6.3 inchi yang berpanel LCD, dan kemudian layar kedua di bagian belakang sebesar 5.1 inchi berpanel OLED. Dengan dimensi layar yang bisa dibilang memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda, tentu menimbulkan pertanyaan tentang apa yang ingin dicapai, atau ditunjukkan oleh Nubia melalui smartphone ini.

Dengan panel layar yang bisa dibilang lebih baik, yaitu OLED - sementara layar utama berpanel LCD, sepertinya akan sia-sia jika layar belakang ini hanya digunakan sebagai layar untuk berselfie. Tetapi konsep ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan kamera depan demi mendapatkan layar penuh di bagian depan, dengan memaksimalkan kamera belakang yang dikombinasikan dengan layar sehingga pengguna bisa selfie menggunakan kamera belakang.

Tetapi dengan memiliki dua layar, apakah kemudian akan membuat baterai lebih cepat habis? Bisa saja terjadi, dengan catatan layar belakang ini berfungsi sama dengan layar utama - selain sebagai preview selfie. Sepertinya itu akan menjadi masalah terbesar bagi smartphone futuristik ini mengingat pengguna smartphone saat ini mulai menggunakan smartphone secara masif. Selain itu keamanan perangkat dengan dua layar, tentu tidak akan diletakkan di sembarang tempat. Hardcase mungkin membantu tetapi tentu hardcase-nya akan terlihat sangat unik - jika bukan aneh.

Untuk saat ini belum ada informasi detail terkait Nubia X ini, baik spesifikasi, harga, ataupun ketersediaan. Tunggu saja akhir bulan ini. 
BERIKAN KOMENTAR ()