Flagship Battle: Samsung Galaxy Note 9 vs Apple iPhone XS Max vs Huawei Mate 20 Pro

advertise here
Kemunculan Huawei 20 Series beberapa saat lalu benar-benar meriah. Setelah hanya mengetahui tampilan dari bocoran-bocoran, serta spekulasi terkait dengan spesifikasi, akhirnya para penggila smartphone dunia benar-benar bisa mengetahui seperti apa smartphone canggih milik Huawei ini. Dan secara langsung di pasaran, Huawei Mate 20 Series, terutama seri Mate 20 Pro akan berkompetisi secara langsung melawan flagship lainnya seperti Samsung Galaxy Note 9 dan Apple iPhone XS Max. 


Secara pribadi, meski berlabel "flagship", disini penulis tidak akan membandingkan dengan Vivo Nex atau OPPO Find X. Meskipun keduanya memiliki teknologi yang juga tak bisa dianggap remeh, tetapi entah kenapa kedua smartphone tersebut sepertinya berada di pasar yang berbeda. Dan genre yang berbeda, meski sama-sama berlabel flagship.

Tetapi terlepas dari hal itu, nampaknya cukup menarik untuk melakukan perbandingan antara tiga smartphone monster ini; Samsung Galaxy Note 9, Apple iPhone XS Max, dan Huawei Mate 20 Pro. Tentu yang akan diperbandingkan adalah spesifikasi, desain, dan hal-hal lain yang mungkin akan menarik perhatian para penggila smartphone. Tetepi yang perlu diperhatikan adalah perbandingan disini adalah hal-hal luarnya saja, berdasarkan dari berbagai sumber yang kemudian ditambahkan beberapa opini pribadi. Jadi bukan perbandingan perbandingan yang nyata.

DESAIN
Tentu saja sebelum mencoba bagaimana performa sebuah smartphone, yang paling terlihat adalah tampilan fisik smartphone tersebut. Dari ketiga smartphone diatas, Samsung memiliki desain yang paling berbeda karena tidak menggunakan notch seperti dua kompetitornya yang lain. Dari ketiganya, Huawei Mate 20 Pro memiliki bentang layar yang paling kecil dibandingkan kompetitornya, yaitu 6,39 inchi, sementara Samsung Galaxy Note 9 memiliki layar sebesar 6,4 inchi dan iPhone XS Max memiliki layar terbesar dengan 6,5 inchi. Dengan selisih yang tak begitu mencolok, ketiganya terlihat hampir sama.




Di bagian belakang, diantara ketiga monster ini Huawei Mate 20 Pro memiliki tampilan yang paling atraktif, dengan tiga kamera belakang dengan penempatan unik. Sementara tampilan belakang iPhone XS Max bisa dibilang paling biasa, meskipun logo Apple meningkatkan tingkat kegantengan perangkat tersebut. Secara keseluruhan, diantara ketiga monster ini Huawei Mate 20 Pro memiliki tampilan yang paling menarik, disusul oleh Samsung Galaxy Note 9, baru iPhone XS Max. Tetapi sekali lagi, logo Apple memberikan efek kegantengan smartphone ini bertambah secara drastis.

SPESIFIKASI
Setelah desain, yang paling menarik perhatian biasanya adalah spesifikasi, karena dari spesifikasi ini bisa diketahui peningkatan-peningkatan atau teknologi-teknologi apa yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Sebagai smartphone flagship, ketiganya memiliki berbagai teknologi termutakhir yang tentu saja akan sangat menarik untuk diperbandingkan. Dan di bawah ini adalah perbandingan spesifikasi singkat dan secara umum.
  • Samsung Galaxy Note 9 - Pertama, Samsung Galaxy Note 9 menggunakan chipset tangguh buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 845 dengan opsi RAM 6GB dan 8GB serta pilihan memori internal sebesar 128GB dan 512GB. Kapasitas tersebut masih bisa ditambah dengan microSD yang mencapai 512GB. Layarnya yang sebesar 6.4 inchi menggunakan panel Super AMOLED QuadHD yang terkenal akan kejernihan dan kepekatannya. Untuk mendukung performanya, Samsung Galaxy Note 9 menggunakan 4,000mAh. Untuk kameranya, terdapat dua kamera di belakang sebesar 12MP dan kamera depan sebesar 8MP. Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy Note 9 menggunakan Android Oreo 8.1.
  • Apple iPhone XS Max - Apple selama ini menggunakan prosesor buatannya sendiri, dan untuk iPhone XS Max, Apple menyematkan chipset tangguh Bionic A12 dengan RAM 4GB dan pilihan memori internal 64GB, 256GB, dan 512GB tanpa adanya tambahan slot memori eksternal. Layar iPhone XS Max juga menggunakan panel AMOLED yang membuat tampilannya semakin menarik. Di bagian kamera, iPhone XS Max memiliki dua kamera belakang sebesar 12MP dan sebuah kamera depan sebesar 7MP. Untuk baterainya, iPhone XS Max memiliki baterai sebesar 3,174mAh. Sistem operasinya sendiri menggunakan iOS12.
  • Huawei Mate 20 Pro - Sama seperti iPhone XS Max, Huawei juga menggunkan chipset buatan sendiri yaitu Kirin 980 yang merupakan chipset terbaru yang memiliki fabrikasi 7nm. Android pertama yang menggunakan fabrikasi tersebut. Chipset tersebut didukung dengan RAM sebesar 6GB dengan memori internal sebesar 128GB. Untuk layarnya yang sebesar 6.39 inchi, Huawei menggunakan panel OLED dengan QuadHD+. Sementara untuk baterainya, Huawei Mate 20 Pro memiliki baterai berkapasitas 4,200mAh dan menjadi yang terbesar diantara ketiganya. Sementara di bagian kamera, Mate 20 Pro menjadi yang paling tampil beda dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Untuk sistem operasinya, Huawei Mate 20 Pro menggunakan Android 9.0 Pie dan UI mereka sendiri yaitu EMUI 9.0.

PERFORMA
Untuk mengukur performa smartphone, biasanya menggunakan beberapa aplikasi seperti AnTuTu atau Geekbench. Dari ketiganya, chipset Apple yaitu Bionic A12 mampu menjadi yang paling superior dengan mengungguli Kirin 980 dan Snapdragon 845. Untuk tabel performa masing-masing perangkat bisa dilihat pada tabel di bawah ini. 




Dari tabel di atas Bionic A12 Apple unggul jauh dari dua kompetitornya. Sementara Kirin 980 yang menggunakan fabrikasi 7nm juga mengungguli Snapdragon 845 yang masih menggunakan fabrikasi 10nm. 

KAMERA
Kamera pada sebuah smartphone juga menjadi daya tarik tersendiri, dan ketiga smartphone ini memiliki kamera yang bisa dibilang bagus. Seperti biasa, untuk performa kamera biasanya menggunakan rujukan dari situs DxOMark untuk membandingkan performa kamera dari ketiga smartphone ini. 
  • Samsung Galaxy Note 9 - Dua kamera belakang Galaxy Note 9 memiliki resolusi sebesar 12MP yang memiliki banyak fitur semisal dukungan AI yang kini makin banyak digunakan pada smartphone. Teknologi AI pada kamera Galaxy Note 9 ini mampu mengenali berbagai scene meliputi snow, sunsets, beach, sunlit object, dan lain-lain. 
  • Apple iPhone XS Max - Sama seperti Samsung Galaxy Note 9, dua kamera iPhone XS Max juga memiliki resolusi sebesar 12MP dengan berbagai fitur termasuk Smart HDR, dan kemampuan untuk mengambil gambar pada kondisi kurang cahaya. 
  • Huawei Mate 20 Pro - Huawei Mate 20 Pro memiliki setting kamera yang paling menarik diantara ketiga smartphone ini; tiga kamera canggih hasil kerjasama dengan monster fotografi Leica. Kamera utamanya beresolusi 40MP, 8MP kamera telephoto, dan 20MP ultra wide angle kamera. 


Dari ketiganya, Huawei Mate 20 Pro belum diketahui bagaimana hasil fotonya menurut DxOMark, sementara untuk Samsung Galaxy Note 9 dan iPhone XS Max, hasil kamera milik iPhone XS Max lebih baik daripada Samsung. Daftar peringkat di DxOMark saat ini masih belum banyak berubah, dengan Huawei P20 Pro sebagai pemuncak daftar terbaik. Dengan pengembangan yang tentu saja dilakukan oleh Huawei, bukan tidak mungkin susunan peringkat ini akan berubah.

HARGA
Dengan berbagai fitur-fitur terkini dan canggih, lalu berapa harga ketiganya? Samsung Galaxy Note 9 dibandrol dengan harga $999, dan jika kurs $1 = Rp 15.000, maka harga dari Samsung Galaxy Note 9 kurang lebih sekitar Rp 15 jutaan. Sementara untuk iPhone XS Max, harganya dibandrol $1099 atau Rp 16.6 jutaan. Lalu yang terakhir, Huawei Mate 20 Pro akan dibandrol dengan harga Rp 19 jutaan. 
BERIKAN KOMENTAR ()