Tak Suka Notch? Deretan Smartphone Terbaik Tanpa Notch ini Bisa Jadi Pilihan

Konten [Tampil]
Suka atau tidak, penggunaan notch pada smartphone saat ini memang sudah sangat umum karena hampir semua brand memiliki smartphone yang memiliki notch. Memang, notch ini bisa dibilang penting gak penting, di satu sisi berguna menempatkan kamera depan dan berbagai sensor yang diperlukan, di sisi lain notch ini terkesan mengganggu tampilan layar. 


Beberapa inovasi dilakukan untuk meminimalkan notch ini misal fitur untuk menyembunyikan notch. Tetapi kembali lagi, notch atau notch-less, itu adalah masalah selera dan kembali ke pengguna masing-masing. Jika smartphone dengan notch bukan sebuah masalah, maka ya ambil. Tetapi jika tidak suka smartphone ber-notch, masih banyak pilihan smartphone keren yang tak menggunakan notch. Seperti beberapa smartphone di bawah ini yang merupakan smartphone-smartphone keren dengan layar lega tanpa terganggu notch, yang bisa menjadi pilihan. Apa saja?

SAMSUNG GALAXY 9 SERIES (S9, S9+, NOTE 9)


Sampai saat ini bisa dibilang Samsung masih konsisten dengan desain smartphone klasik tanpa notch. Idealisme Samsung dalam mendesain smartphone yang tak terpengaruh tren memang banyak yang mengapresiasi meski beberapa juga menyindir. Tetapi terlepas dari hal itu, smartphone terbaru Samsung yaitu Galaxy 9 Series patut menjadi pertimbangan bagi penggila gadget yang tak menyukai adanya notch pada smartphone. Layarnya yang berpanel Super AMOLED lega sangat memanjakan mata pengguna tanpa terganggu adanya notch.

SONY XPERIA XZ3


Sama dengan Samsung, Sony juga masih bertahan dengan idealisme mereka dengan memilih untuk tak mengikuti tren notch. Meski begitu, smartphone Sony ini bisa dibilang adalah smartphone premium yang berkualitas tinggi. Sama seperti Xperia XZ3 ini yang merupakan salah satu unggulan Sony; layarnya super lega dengan panel OLED yang jernih memanjakan mata. Kinerjanya juga sudah dipastikan ngebut karena Xperia XZ3 ini menggunakan Snapdragon 845 sebagai chipset utamanya.

GOOGLE PIXEL 2 XL


Sempat dipuji karena tak kunjung membuat smartphone ber-notch, pada akhirnya Google menyerah dengan merilis smartphone ber-notch pertamanya yaitu Pixel 3 XL. Tetapi Google sebelumnya memiliki smartphone dengan layar lega tanpa gangguan notch keren, yaitu Google Pixel 2 XL yang bisa menjadi masuk ke dalam daftar smartphone terbaik tanpa notch. Meski tergolong baru di industri smartphone, perangkat telekomunikasi buatan Google ini sangat berkualitas tinggi, salah satunya memiliki sertifikat IP67 untuk perlindungan maksimal.

HUAWEI MATE 10 PRO


Saat ini bisa dibilang Huawei adalah brand yang memiliki produk "notch-squad" karena banyaknya produk mereka yang menggunakan notch. Tetapi sebelum notch menyerang desain smartphone, Huawei memiliki smartphone keren tanpa notch, yaitu Huawei Mate 10 Pro. Meski generasi terbarunya sudah disiapkan, pesona Huawei Mate 10 Pro ini masih terasa. Desainnya memang elegan, apalagi dengan dukungan dual kamera dari Leica yang tak diragukan lagi kualitasnya.

XIAOMI MI MIX 2S


Sama seperti Huawei, Xiaomi juga salah satu brand yang memiliki "notch-squad" karena banyaknya produk mereka yang memiliki notch. Meski begitu, Xiaomi sempat merilis smartphone keren yang tak memiliki notch. Mereka mengakali penempatan kamera depan dengan memindah kamera depan yang biasa di bezel atas ke bezel bawah sehingga layarnya terlihat penuh tanpa gangguan notch. 

MEIZU 16 SERIES (16, 16 PLUS, 16X)


Meizu sempat dipuji karena belum memiliki smartphone ber-notch - setidaknya sampai sebelum kemunculan smartphone baru mereka, Meizu akhirnya memiliki smartphone ber-notch yaitu Meizu X8. Tetapi mereka sempat merilis smartphone cantik tanpa notch yang memiliki seri 16, yaitu Meizu 16, 16 Plus, dan 16X. Ketiganya tampil full layar tanpa notch sehingga tampil sangat lega. Ketiganya juga memiliki spesifikasi tinggi menggunakan chipset Snapdragon 845, kecuali seri Meizu 16X yang merupakan versi terendah dari ketiganya yang menggunakan Snapdragon 710.

HONOR VIEW 10


Salah satu brand "notch-squad" ini juga memiliki smartphone keren yang tak memiliki notch. Bahkan bisa dibilang smartphone Honor View 10 ini merupakan salah satu yang menggunakan teknologi AI. Honor View 10 saat ini masih bisa bersaing dengan smartphone-smartphone baru karena juga mendapatkan update terbaru GPU-Turbo dari Huawei sehingga tentunya membuat performa smartphone ini menjadi lebih tangguh.

VIVO NEX


Vivo Nex merupakan smartphone futuristik yang memiliki layar full tanpa notch. Vivo mengakali posisi kamera depan yang biasanya ada di bezel depan dengan memindahkannya pada sebuah panel yang bisa disembunyikan. Inovasi ini kemudian sering disebut sebagai pop-up camera. Kamera depan dari Vivo Nex ini secara otomatis akan muncul ketika fitur kamera depan diaktifkan. Bagi yang ingin memiliki smartphone unik nan futuristik, Vivo Nex bisa menjadi pilihan.

OPPO FIND X


Memodifikasi konsep kamera tersembunyi milik Vivo Nex, OPPO juga memiliki smartphone keren yang memiliki tampilan layar full tanpa notch. Hampir sama, OPPO Find X juga menyembunyikan kamera depan dengan konsep slider, sedikit berbeda dengan kamera milik Vivo Nex. OPPO Find X juga bisa menjadi salah satu rekomendasi pilihan bagi yang ingin memiliki smartphone berbeda dengan smartphone-smartphone lainnya.

Itulah beberapa smartphone terbaik yang tak menggunakan notch di layar atas sehingga membuat layarnya benar-benar lega dan memuaskan mata pengguna. Tentu masih ada beberapa smartphone lain yang tak menggunakan notch yang memiliki kualitas yang bagus. Cukup sesuaikan dengan budget sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Belum ada Komentar untuk "Tak Suka Notch? Deretan Smartphone Terbaik Tanpa Notch ini Bisa Jadi Pilihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel