Sering Lupa Password? 5 Teknologi ini Akan Gantikan Password di Masa Depan

advertise here

Baca Juga

Hampir pasti, setiap orang saat ini memiliki lebih dari satu password untuk setiap akun media sosial, email, atau login lain-lain. Dengan banyaknya password, tak jarang pemilik password lupa dengan apa yang telah dibuatnya. Mungkin ada yang dicatat, bagi yang tidak, lupa password adalah hal menjengkelkan yang hampir pasti juga setiap orang pernah mengalami. Merepotkan memang.


Tetapi seiring kemajuan teknologi, beberapa alternatif untuk menggantikan password kini mulai banyak bermunculan. Bagi yang sering lupa password, hal ini tentu bagus, dan inilah beberapa teknologi masa depan yang bisa digunakan sebagai pengganti password.

Pemindai Detak Jantung
Detak jantung manusia ternyata merupakan sesuatu yang unik dan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Hal tersebut tentunya membuat detak jantung manusia bisa digunakan sebagai pembeda antara satu dengan yang lain. Dengan menggunakan alat pendeteksi jantung bernama Electrocardiogram, detak jantung bisa digunakan untuk membedakan identitas seseorang. Teknologi ini sudah dipakai tetapi belum banyak. Salah satu perangkat yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Nymi Band, yang bisa meminta autentifikasi pengguna menggunakan detak jantung. Tak perlu mengetikkan password, pengguna cukup menggunakan perangkat ini di dekat komputer, dan komputer akan terbuka.

Foto Diri atau Selfie
Foto diri atau selfie sudah banyak digunakan oleh beberapa smartphone, dengan nama FaceID. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk melakukan scanning wajah pengguna dengan teknologi canggih dan membuat perangkat tersebut mengenali pemilik perangkat tersebut untuk kemudian bisa mengakses perangkat. Meski beberapa kali tercatat ada kekurangan, bukan tidak mungkin ke depannya teknologi FaceID ini akan semakin canggih dan benar-benar digunakan sebagai pengganti password.

Iris Scanning
Teknologi ini awalnya muncul pada film-film bertema masa depan. Misalnya membuka pintu rahasia dengan menggunakan pemindai mata tokoh utama. Nyatanya, teknologi yang awalnya hanya ada di film ini lama kelamaan menjadi kenyataan. Hal ini dikarenakan iris mata manusia masing-masing memiliki perbedaan. Beberapa smartphone tercatat pernah memiliki teknologi ini sebut saja misal Samsung Galaxy Note 7.

Pengenalan Suara
Suara manusia yang berbeda satu sama lain juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki perangkat lunak yang bisa mengenali suara seseorang untuk mengenali pelanggan atau klien mereka. Perusahaan HSBC misalnya, sudah menggunakan teknologi ini untuk login ke akun mereka. Sebuah aplikasi bernama Tribe juga menggunakan teknologi pengenalan suara ini.

Pembaca Gerak Bibir
Hong Kong Baptish University disebut-sebut tengah mengembangkan software yang bisa digunakan untuk memindai pergerakan bibir manusia. Teknologi ini diklaim lebih aman daripada password konvensional karena meskipun ada orang lain yang mengetahui password milik orang lain, hal itu tidak akan berguna jika orang yang tahu password tersebut tidak memiliki pergerakan bibir pemilik asli ketika mengucapkan password tersebut.

Jadi, lima hal tersebut disebut-sebut sebagai pengganti password yang bisa dinikmati oleh manusia di masa depan. Beberapa hal memang sudah bisa ditemui meskipun belum sempurna tetapi bukan tidak mungkin teknologi-teknologi ini akan lebih sempurna.
BERIKAN KOMENTAR ()