Segala yang Perlu Diketahui dari Huawei Mate 20 Series: Huawei Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 Lite

advertise here
Huawei P20 Series yang dirilis beberapa waktu lalu berhasil membuat kehebohan terutama dengan kemampuan fotografinya yang mengesankan berkat tiga buah kamera di bagian belakang. Tak mau kehilangan momentum, Huawei bersiap merilis salah satu model smartphone flagship-nya yang lain, yaitu Huawei Mate. Dengan menggunakan seri yang sama dengan P20, Huawei juga merilis seri terbaru Mate ini dalam tiga model berbeda; Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20, dan Huawei Mate 20 Lite.

Huawei Mate 20 Lite
Meski sama-sama kelas flagship, Huawei Mate berada di segmen yang berbeda dengan P Series. Khusus untuk Huawei Mate 20 Series ini dipersiapkan untuk menghadapi Samsung Galaxy Note 9 dan juga LG V40. 

JADWAL PERILISAN HUAWEI 20 SERIES: Mate 20 Pro, Mate 20, dan Mate 20 Lite
Meski rumor tentang tiga model Huawei Mate ini telah banyak menyebar di kalangan pecinta gadget, nyatanya belum ada keterangan resmi mengenai tanggal perilisan. Tetapi diprediksi untuk seri Mate 20 dan Mate 20 Pro akan dirilis pada bulan Oktober atau November. Mengingat seri Mate sebelumnya yaitu Mate 10 dirilis pada bulan Oktober tahun lalu. Sementara untuk Mate 20 Lite, kemungkinan akan dirilis lebih awal yaitu pada bulan Agustus.

HUAWEI MATE 20 PRO, MATE 20, MATE 20 LITE: Spesifikasi dan Fitur
Sebagai smartphone kelas flagship, Huawei tentu akan menggunakan chipset kelas atas. Dan untuk Huawei Mate 20 Pro dan Mate 20 kemungkinan besar akan menggunakan chipset buatan mereka sendiri yaitu Kirin 980 sementara untuk versi Mate 20 Lite kemungkinan akan menggunakan Kirin 710. Untuk mendukung kinerja chipset, Huawei menyematkan RAM sebesar 6GB yang didukung oleh media penyimpanan sebesar 128GB. 

Pada bagian layar, Huawei Mate 20 Pro kemungkinan akan memiliki layar sebesar 6.9 inchi berpanel AMOLED dengan rasio 18:9, sementara untuk Huawei Mate 20 akan memiliki layar sebesar 6.3 inchi dengan panel AMOLED beresolusi QuadHD Plus. Untuk RAM-nya, belum ada keterangan lebih lanjut berapa besar RAM untuk seri Mate 20 Pro, tetapi tentu saja tidak akan kurang dari 6GB. Bahkan mungkin akan ada dua varian RAM untuk Mate 20 Pro, 6GB dan 8GB. Untuk seri Mate 20 akan menggunakan RAM sebesar 6GB.

Untuk spesifikasi lainnya, Huawei Mate 20 kemungkinan akan dilengkapi dengan baterai sebesar 4,200 mAh, lebih besar daripada pesaingnya yaitu Samsung Galaxy Note 9 yang sebesar 4,000 mAh. Huawei juga melengkapi seri Mate ini dengan teknologi wireless charging. Untuk seri Mate 20 Pro kapasitasnya akan lebih masif yaitu sebesar 5,000 mAh. Untuk melengkapi teknologi yang dimiliki, Huawei Mate 20 Series disebut-sebut akan dilengkapi dengan perlindungan air dan debu. Untuk bagian software-nya, Android 9.0 Pie terbaru kemungkinan akan langsung digunakan untuk Mate 20 Series ini, dengan tampilan EMUI terbaru.

Kemudian pada bagian kamera, untuk dua seri teratas yaitu Mate 20 Pro dan Mate 20 sepertinya akan memiliki tiga buah kamera belakang sama seperti P20 dan P20 Pro. Sementara untuk seri Mate 20 Lite hanya akan dibekali dua buah kamera di belakang. Untuk fitur lainnya, seri Huawei Mate 20 Pro juga kemungkinan akan mempunyai fingerprint di bawah layar.

HUAWEI MATE 20 PRO, MATE 20, dan MATE 20 LITE: Desain
Belum ada informasi resmi terkait dengan tampilan Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro, tetapi untuk Mate 20 Lite telah ada bocoran desain. Dari tampilannya, Huawei Mate 20 Lite memiliki notch (lagi) dengan layar lega dan bezel tipis. Kemudian untuk bagian belakangnya terdapat dua buah kamera dengan satu fingerprint di bagian bawah kamera. Sementara untuk dua seri Mate lainnya kemungkinan akan memiliki desain yang tidak jauh berbeda. 

HUAWEI MATE 20 PRO, MATE 20, dan MATE 20 LITE: Harga
Sebagai smartphone flagship yang berada di kelas yang lebih tinggi daripada Huawei P20 Series, kemungkinan harga dari Mate 20 Series ini bisa lebih mahal daripada P20 Series. Kemungkinan, harga yang ditawarkan untuk Huawei Mate 20 Pro ini akan dibandrol seharga Rp 15 - Rp 16 jutaan. Untuk seri Mate 20, harga yang ditawarkan sedikit lebih murah dari Mate 20 Pro. Untuk seri termurah Mate 20 Lite, harganya kurang lebih Rp 6 jutaan.

Bagaimana, tertarik untuk meminang Huawei Mate 20 Series? 
BERIKAN KOMENTAR ()