Pesona ASUS ZenFone 5 yang Baru Saja Dirilis di Indonesia

advertise here
Beberapa waktu terakhir, merk ASUS khususnya di pasar smartphone benar-benar mengharu biru. Dimulai dari kemunculan ZenFone Max Pro M1 yang menghadirkan smartphone berspesifikasi tinggi namun terjangkau, seketika ASUS melambung menjadi salah satu merk smartphone yang banyak dicari. Cap "HP Setrika" pun perlahan mulai menghilang.


Setelah kemunculan ZenFone Max Pro M1, ASUS tak tanggung-tanggung langsung kembali melakukan gebrakan dengan membawa seri terbaru andalannya, yaitu ZenFone 5 Series, dan sebuah smartphone entry level, ZenFone Live. Untuk ZenFone 5, yang merupakan seri menengah dari keluarga ZenFone 5, harga yang dibandrol untuk pasar Indonesia sangat menarik, yaitu Rp 3.999.000 untuk Flash Sale, dan Rp 4.2 jutaan untuk harga normal.

Lalu, seperti apasih pesona ASUS ZenFone 5 ini?

DESAIN
Tentu yang terlihat pertama kali dari sebuah smartphone adalah tampilan fisik. Begitu juga dengan ASUS ZenFone 5 ini. Dimulai sejak era ZenFone 3, ASUS benar-benar terlihat berbeda dalam mengembangkan sebuah smartphone. Jika sebelum era ZenFone 3 smartphone ASUS terlihat sangat besar dengan bodi belakang plastik, maka kaca dan metal menjadi bahan utama untuk smartphone mereka selanjutnya.


ZenFone 5 sendiri menggunakan bahan kaca, yang tentunya memiliki keunggulan (dan kelemahan) dibandingkan material lain seperti metal atau plastik - dan keramik, yang kini mulai populer. Kaca mampu memberikan efek glowing yang memukau dan ASUS secara cerdas mengemas bagian punggung perangkat yang menggunakan kaca ini dengan tampilan berkilau. 


Pinggirannya dirancang melengkung, layaknya smartphone kekinian. Kemudian di sisi bagian kanan terdapat dua tombol, volume dan power yang mudah dijangkau oleh jari. Sementara di bagian punggung terdapat sebuah sensor sidik jari yang menjadi pusat dari kilauan Zen-Circle. Dua buah kameranya berada di pojok dengan penempatan secara vertikal. 

SPESIFIKASI
Sebagai smartphone kelas menengah, ASUS ZenFone 5 ternyata memiliki spesifikasi yang lumayan. Layarnya berukuran 6.2 inchi yang sangat lega, dengan rasio 19:9 dengan resolusi FullHD+ yang memberikan kejernihan layar maksimal. Layarnya sendiri mencapai perbandingan 90% ke bodi, dengan sebuah notch yang jamak digunakan oleh berbagai smartphone saat ini.

Chipset yang digunakan pada ASUS ZenFone 5 adalah Snapdragon 636 dengan AI Boost yang mampu memberikan performa maksimal. Chipset tersebut didukung oleh RAM sebesar 4GB atau 6GB LPDDR4X dengan memori internal 64GB dan 128GB. Kemudian baterai sebesar 3,300 mAh yang telah didukung fast-charging akan menyokong segala kinerja dari smartphone ini.

Dan satu hal yang menarik, ASUS ZenFone 5 juga telah dilengkapi dengan teknologi NFC yang kini semakin banyak digunakan. Teknologi NFC ini melengkapi berbagai sensor yang ada di ZenFone 5 seperti sensor sidik jari, Face ID, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity Sensor, Ambient Light Sensor dan RGB Sensor.

KAMERA
ASUS ZenFone 5 mengusung tagline "Cameras that Think for You", sektor kamera menjadi salah satu fitur unggulan pada ZenFone 5 ini. Dengan kombinasi dua kamera belakang dan satu kamera depan, ASUS ZenFone 5 bahkan mencatatkan skor yang tinggi pada pengujian DXOMark, yaitu mencapai 93 poin. Berdasarkan DXOMark, kamera ASUS ZenFone 5 mampu memberikan keseimbangan performa hampir di segala situasi, dengan mampu menangkap warna dan eksposure yang baik sehingga menghasilkan skor yang tinggi.


Hal ini tentu tak lepas dari teknologi AI yang telah diusung oleh ASUS ZenFone 5. Kombinasi dua kamera beresolusi 12MP dan 8MP super wide angle membuat hasil foto ASUS ZenFone 5 semakin menarik. ASUS sendiri mengklaim bahwa kamera dari ZenFone 5 ini mampu memberikan gambar yang lebih cerah, jernih, dan mendekati kenyataan. Kamera kedua yang beresolusi 8MP disini bertugas untuk menangkap gambar yang lebih lebar sehingga bisa menangkap pemandangan lebih luas. 


Selain itu tersedia juga menu Pro untuk penggemar yang suka mengutak-atik lensa kamera layaknya kamera analog. Tersedia menu white balance, ISO, dan range shutter speed yang sangat luas mulai 1/10000 hingga 32 detik. 

KINERJA TEKNOLOGI AI
AI atau Artificial Intelligence kini mulai banyak dipakai pada sebuah smartphone. Bukan melulu flagship, karena smartphone kelas menengah juga mulai menggunakan teknologi AI ini, salah satunya adalah ASUS ZenFone 5 ini. Pada ZenFone 5, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 636, sama seperti yang digunakan pada ZenFone Max Pro M1. 

Chipset yang dilengkapi dengan teknologi AI ini diklaim mampu memberikan kinerja yang lebih mantap dan optimal. Misalnya, membuat kinerja smartphone menjadi lebih smooth, responsif, dan mampu memberikan umur lebih panjang bagi baterai. Dengan tambahan fitur AI Boost, kinerja dari ASUS ZenFone 5 ini menjadi lebih tangguh dan kencang.

AI Boost ini juga mempengaruhi kinerja UI-nya, yang merupakan UI khas dari ASUS yaitu ZenUI terbaru, based on Android Oreo. Kinerja UI secara keseluruhan akan terasa lebih smooth dan responsif yang tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri ketika mengoperasikan smartphone ini.

ZENIMOJI


Salah satu fitur menarik yang hanya bisa ditemui di ASUS ZenFone 5 Series adalah Zenimoji. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah avatar menggunakan suara sendiri, ekspresi wajah, dan gerakan kepala. Serunya, Zenimoji juga bisa digunakan pada video seperti video-streaming dan chatting. 
BERIKAN KOMENTAR ()