Ingin Buat Kartun 3D Menggunakan Smartphone? Bisa!

Ingin Buat Kartun 3D Menggunakan Smartphone? Bisa!

Segala sesuatu memang memiliki efek baik dan buruk, tak terkecuali smartphone. Smartphone akan memberikan dampak buruk jika digunakan secara berlebihan sehingga lupa waktu dan lupa berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata. Tetapi dengan tindakan yang tepat, smartphone bisa digunakan sebagai alat untuk menciptakan sesuatu yang kreatif.


Misalnya saja film kartun 3D. Lho??

Memang, selama ini kita mengetahui bahwa kartun 3D dibuat melalui berbagai proses yang rumit. Mulai dari sketsa hingga sentuhan akhir menggunakan program komputer. Tetapi, smartphone kini sudah bisa melakukannya, yaitu membuat film 3D. Bedanya, karena dibuat melalui smartphone, hasilnya pun lebih sederhana. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba, kan?

Nah, untuk mencoba membuat film 3D menggunakan smartphone, yang perlu dilakukan pertama kali adalah menyiapkan smartphone-nya, dan kemudian download aplikasi dari Google Play yang bernama Toontastic 3D. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone bersistem operasi iOS maupun Android.

Jika sudah didonwload, langsung saja dibuka aplikasi Toontastic 3D-nya. Ketika terbuka, maka pengguna akan disuguhi pertama kali sebuah animasi 3D yang cukup menarik. Kemudian perhatikan tombol +. Itu adalah tombol yang akan digunakan untuk membuat sebuah cerita baru. Untuk mencari tahu seperti apa ceritanya, pengguna bisa menuju bagian Idea Lab.

Setelah tombol + di-klik, akan ada tiga pilihan cerita, yaitu Short Story yang terdiri dari 3 bagian, kemudian Classic Story yang terdiri dari 5 bagian, serta Science Report yang terdiri dari 5 bagian. Sebagai contoh, kita bisa memilih Short Story.

3 bagian yang ada di pilihan Short Story terdiri dari Beginning, Middle, dan End. Singkatnya, bagian-bagian ini adalah semacam plot atau jalan cerita. Kemudian langsung klik Beginning, dan pilih latar belakang cerita; ada bermacam-macam yang bisa dipilih, misalnya perkotaan, luar angkasa, dan lain-lainnya. Uniknya, selain menggunakan template yang sudah tersedia, pengguna bisa membuat template sendiri.

Setelah memilih latar belakang, pengguna harus memilih karakter yang akan bermain di dalam cerita tersebut. Karakter di sini bisa divariasikan sesuai selera, bahkan pengguna juga bisa membuat karakter sendiri. Jika dirasa masih kurang seru, pengguna bisa menggunakan potret wajah sendiri kemudian dipasangkan ke salah satu karakter yang ada.

Ketika sudah siap, tempatkan karakter di latar atau tempat yang telah dipilih sebelumnya. Karakter-karakter ini bisa diperintah untuk melakukan aksi-aksi khusus, cukup dengan menekan karater tersebut kemudian sesuaikan. Jika sudah yakin, klik Start.

Setelah itu, pengguna bisa berkreasi lebih untuk melengkapi film-nya tersebut. Misal dengan menambahkan suara dan berbagai tema lainnya. Jika sudah, langsung saja simpan video tersebut dan film 3D-mu sudah siap diuplad ke media sosial!

Itulah cara membuat film animasi 3D menggunakan smartphone. Meski tidak selengkap dan secanggih menggunakan komputer, paling tidak bisa menghibur dan mengasah kreatifitas dalam membuat sebuah cerita.


Anda mungkin menyukai postingan ini