Makin Agresif, Huawei Rilis Nova 5 Series

Perkembangan hubungan antara Amerika Serikat dan Huawei sampai saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan. Berbagai rumor berkembang sangat liar di luar sana terkait dengan apa yang akan terjadi, terutama bagi pengguna smartphone Huawei (dan Honor) setelah tak bisa lagi menggunakan Android. Gosip menyebutkan bahwa Huawei tengah mengembangkan HongMeng OS atau ArkOS atau OakOS - entah mana yang benar - dengan dibantu beberapa pabrikan smartphone kompetitor mulai dari Xiaomi, OPPO, hingga Tencent. Huawei dikatakan juga tengah menguji coba sistem operasi buatan Rusia SailfishOS.


Di tengah hiruk-pikuk gosip tersebut, Huawei nampaknya menolak untuk menyerah begitu saja. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Huawei nampaknya memang tak mudah ditaklukkan. Bahkan, mereka telah merilis tiga smartphone baru lagi yaitu Huawei Nova 5 Series, yang terdiri dari Nova 5i, Nova 5, dan Nova 5 Pro. Kabar baiknya, semuanya masih menggunakan sistem operasi Android. Nah, seperti apa? Mari ulas satu per satu.

HUAWEI NOVA 5i
Pertama adalah seri Nova 5i, yang dihadirkan sebagai versi paling terjangkau dari seluruh Nova 5 Series. Smartphone ini melanjutkan varian Nova 3i yang beberapa waktu lalu sempat populer - FYI, di China angka 4 biasanya dianggap sebagai angka sial, jadi hal itu mungkin membuat Huawei langsung lompat ke 5 dari 3. Secara spesifikasi, Nova 5i memiliki jeroan yang tak berbeda jauh dari P30 Lite, meskipun tetap ada perbedaan. Misalnya penggunaan punch hole dan sistem kamera belakang yang telah dimodifikasi. 

Untuk chipsetnya, Huawei lagi-lagi menggunakan Kirin 710. Entah sudah berapa banyak smartphone Huawei (dan Honor) yang menggunakan chipset ini. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 6GB dan kapasitas memori internal 128GB yang masih bisa ditingkatkan menggunakan slot MicroSD. Untuk baterainya, Nova 5i memiliki kapasitas yang lumayan yaitu 4,000mAh yang telah didukung pengisian cepat 10W. 

HUAWEI NOVA 5
Kemudian beralih ke kakaknya, yaitu Nova 5 yang memiliki spesifikasi lebih oke daripada versi paling terjangkau. Huawei Nova 5 memiliki layar cukup lega berukuran 6.39 inchi berpanel OLED dengan resolusi FullHD+. Tetapi berbeda dari si Nova 5i, Nova 5 tidak menggunakan punch hole tetapi waterdrop notch untuk membenamkan kamera depan 32MP.

Untuk chipset-nya, Nova 5 menggunakan chipset kelas menengah terbaru dari Kirin yaitu Kirin 810 yang dipadukan dengan RAM sebesar 6GB dan kapasitas memori internal 128GB. Untuk bagian belakang, Huawei Nova 5 memiliki empat kamera yang memiliki banyak fitur yang bisa digunakan pengguna. Sementara tak terlihat adanya sensor sidik jari di belakang, karena untuk Huawei Nova 5 sensor sidik jari telah dipindah ke bagian bawah layar.

Untuk baterainya, Huawei Nova 5 memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil daripada si bontot dengan 3,500mAh yang telah didukung pengisian super cepat mencapai 40W. 

HUAWEI NOVA 5 PRO
Sebagai seri tertinggi diantara ketiga Nova 5 Series, Nova 5 Pro memiliki keunggulan yang tak dimiliki dua adiknya. Secara umum spesifikasinya sama dengan Nova 5 tetapi perbedaannya ada pada chipset yang digunakan, dimana Nova 5 Pro ini menggunakan chipset flagship Kirin 980. Chipset ini sama dengan yang digunakan pada smartphone flagship Huawei semacam P30 Pro atau Mate 20 Pro.

Ukuran layar dan detailnya sama dengan Nova 5, tetapi Huawei Nova 5 Pro memiliki ukuran RAM yang lebih besar yaitu 8GB dengan kapasitas memori internal sebesar 256GB. Untuk kameranya, baik kamera depan atau belakang tak ada perbedaan dengan apa yang ada pada Nova 5. Khusus untuk seri Nova 5 Pro, Huawei juga membuat satu edisi khusus Nova 5 Pro dengan tampilan yang lebih menarik dan menyertakan sebuah headset bluetooth dalam kotak penjualannya.

Belum ada Komentar untuk "Makin Agresif, Huawei Rilis Nova 5 Series"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel