Calon Raja Smartphone Mid-End? Ini Segala Hal yang Perlu Diketahui Tentang Google Pixel 3a dan 3a XL

advertise here
Google akhirnya resmi merilis smartphone budget-friendly mereka yang terbaru, yaitu duo Google Pixel 3a dan 3a XL, dan kemudian pertanyaan yang muncul kemudian adalah: Dengan segala fitur yang dimiliki, akankah duo ini merajai segmen smartphone kelas mid-range? 

Tentu yang akan menjadi daya tarik utama duo smartphone ini adalah fitur fotografi super, terutama Night Sight, meskipun satu kamera belakangnya sendiri "hanya" beresolusi 12MP. Seperti yang diketahui, fitur Night Sight ini menunjukkan hasil yang impresif pada smartphone flagship mereka; Pixel 3 dan Pixel 3 XL.


Dengan resminya duo (calon raja) baru smartphone mid-end, tentu banyak yang berharap agar Google membawa secara resmi ke Indonesia. Nah, untuk itu di bawah ini ada hal-hal yang perlu diketahui terkait dengan duo budget-friendly terbaru Google, Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

SPESIFIKASI GOOGLE PIXEL 3A DAN 3A XL

Specs
Google
Pixel 3a
Google
Pixel 3a XL
Platform
Android 9 Pie
Android 9 Pie
Display
5.6-inch AMOLED
1080 x 2220 px (FHD+)
6.0-inch AMOLED
1080 x 2160 px (FHD+)
Processor
Snapdragon 670
Snapdragon 670
RAM
4 GB
4 GB
Storage
64 GB
64 GB
Rear Camera
12.2MP f/1.8 with Night Sight
12.2MP f/1.8 with Night Sight
Front Camera
8MP f/2.0
8MP f/2.0
Battery
3,000 mAh
3,700 mAh
Charging
18-watt fast charge
18-watt fast charge
Security
Rear Fingerprint Scanner
Rear Fingerprint Scanner
Details
HAS headphone jack
no microSD card slot
Free unlimited storage on Google Photos
Squeeze phone for Assistant NFC
HAS headphone jack
no microSD card slot
Free unlimited storage on Google Photos
Squeeze phone for Assistant NFC
Price
$399 - Rp 5.7 juta
$479 - Rp 6.8 juta

Dari perbandingan spesifikasi di atas terlihat bahwa keduanya sama-sama menggunakan Snapdragon 670 yang dipadukan dengan RAM 4GB. Perbedaan terdapat pada ukuran layar, besaran baterai dan tentu saja harga. Night Sight memang menjadi daya tarik yang sangat menggoda, selain tentu saja jaminan update software hingga Android 12 S.

PERBEDAAN PIXEL 3A SERIES DENGAN PIXEL 3 SERIES
Tetapi dengan perbedaan yang besar pada harganya dibandingkan Pixel 3 Series - Pixel 3 dan Pixel 3 XL - tentu ada beberapa bagian yang dikorbankan demi menekan harga. Perbedaannya yang paling jelas antara Pixel 3a Series dan Pixel 3 Series adalah pada bahan atau material yang digunakan, kemudian chipset yang jauh di bawah dibandingkan chipset milik Pixel 3 Series, dan tak ada fitur tahan air.


Tetapi tentang chipset Snapdragon 670 yang digunakan untuk duo Pixel 3a Series, chipset ini adalah chipset baru yang dikembangkan oleh Qualcomm, dan yang cukup mengejutkan performanya ternyata tidak begitu jauh dengan mantan chipset flagship, yaitu Snapdragon 835. Tentu Google masih akan melakukan pengembangan terkait dengan chipset ini sehingga bukan tidak mungkin performanya akan semakin meningkat.

Kemudian pada material yang digunakan, Google Pixel 3a Series menggunakan bahan plastik, baik pada bagian belakang ataupun frame-nya sehingga tentu saja build quality-nya akan sangat berbeda dengan model yang lebih mahal. Selain itu layarnya juga tidak menggunakan perlindungan layar Gorilla Glass, tetapi menggunakan perlindungan layar dari Dragontail Glass. Selain itu untuk output suara hanya ada single loudspeaker bukan stereo speaker.

KAMERA MUMPUNI
Untuk sektor kamera, disini rupanya Google tidak ingin menempatkan sebuah kamera yang juga sekelas mid-end. Pasalnya, alih-alih menggunakan kamera kelas menengah, Google malah menggunakan teknologi kamera canggih yang juga digunakan pada kelas flagship mereka yakni Pixel 3 Series. Fitur Night Sight yang menjadi unggulan untuk Pixel 3a Series ini tentu bukan fitur kamera smartphone kaleng-kaleng, dan tentunya untuk kelas mid-end, bisa jadi fitur ini akan membawa duo Pixel 3a ini merajai kelas smartphone mid-end.

Fitur Night Sight yang menjadi andalan duo Pixel 3a dan 3a XL
Meskipun di atas kertas, kamera Pixel 3a Series ini tak seperti smartphone kelas mid-end lain yang sudah menggunakan kamera berelusi lebih dari 12MP, tetapi tetap saja kamera 12MP Google Pixel 3a Series ini tak bisa dianggap remeh. Dan tentu saja, fitur Night Sight akan menjadi pembeda dalam persaingan kamera smartphone kelas menengah.

HARGA DAN KETERSEDIAAN
Penggila gadget Indonesia tentu sangat mengharapkan agar Google membawa masuk duo Pixel 3a Series ini secara resmi, karena selama ini penggila gadget Indonesia belum bisa menikmati Google Pixel secara resmi. Untuk perilisan secara global, Google Pixel 3a Series dirilis pada tanggal 7 Mei 2019 kemarin dan ketersediaannya tidak terbatas Verizon saja, tetapi juga Sprint, T-Mobile, US Cellular, dan Google Fi. Sementara harga yang ditawarkan untuk dua smartphone ini adalah $399 atau sekitar Rp 5.7 juta untuk Pixel 3a, dan $479 atau sekitar Rp 6.8 juta untuk Pixel 3a XL.

Dan tentu saja belum ada informasi untuk pasar Indonesia. Jadi, tunggu saja semoga ada kabar baik dari Google untuk penggila gadget Indonesia.


BERIKAN KOMENTAR ()