Huawei Mate 30 - Rumor, Bocoran, dan Beberapa Hal yang Diketahui Sejauh Ini

advertise here

Baca Juga

Meski Huawei P30 Series belum juga dirilis, rasa penasaran untuk smartphone flagship Huawei yang lain muncul ke permukaan. Bukan apa-apa, ketika seri 20 sebelumnya, baik itu seri P ataupun Mate ternyata mampu memberikan sesuatu yang menarik, khususnya untuk seri Mate 20 Series yang ternyata mampu memberikan sesuatu yang menarik yang bahkan sampai disebut-sebut sebagai smartphone yang mendekati sempurna. Lalu, dengan pencapaian tinggi tersebut, apakah Huawei mampu meningkatkannya ke tingkat yang bahkan lebih tinggi lagi untuk seri Mate 30? Untuk saat ini belum ada informasi resmi yang bisa dijadikan rujukan, tetapi ada beberapa rumor, bocoran dan hal-hal lain yang diketahui sejauh ini terkait smartphone flagship Huawei ini.


JADWAL PERILISAN
Belum apa-apa sudah ngomongin perilisan. Yah benar juga sih, tetapi perilisan smartphone baru, hampir semua pabrikan smartphone memiliki waktu perilisan yang diulang-ulang sehingga membentuk suatu pola yang mudah dikenali. Seperti halnya Huawei ini, yang mana perilisan seri Mate biasanya dan hampir selalu setelah perilisan seri P. Sehingga meskipun belum ada informasi resmi tentang flagship monster milik Huawei ini, perilisannya bisa diperkirakan sekitar bulan Oktober. Sama seperti seri Mate 20 Series tahun lalu yang juga dirilis pada bulan Oktober - Mate 20 dan Mate 20 Pro. Tetapi sekali lagi, diperkirakan. Jadi bisa saja jadwal ini berubah sesuai mood-nya para petinggi Huawei. Lihat saja nanti.

DESAIN HUAWEI MATE 30
Huawei Mate 20 Series bisa dibilang berhasil menarik perhatian. Meski memiliki notch, secara keseluruhan tampilan dari Mate 20 Pro ini sangat proporsional. Bahkan mungkin adalah smartphone terkeren yang memiliki notch. Bukan apa-apa, hampir semua sisi sangat diperhatikan dengan baik, kedua sisi kanan kiri yang melengkung - meskipun bukan sesuatu yang baru - juga menambah daya tarik si monster ini. Bagian belakang lebih menarik, dengan tiga kamera yang ditempatkan secara unik, kemudian back cover yang memiliki struktur seperti bulu sehingga menambah kesan kecantikan si smartphone buas ini. Tak diragukan lagi, untuk desain, Huawei Mate 20 Pro juara. Tetapi yang muncul kemudian, apakah Huawei mampu meningkatkan sisi desain Mate terbaru ini ke tingkat yang lebih tinggi?

Belum ada gambaran secara pasti untuk desain Huawei Mate 30. Saat ini Huawei memiliki beberapa pilihan untuk penempatan kamera depan mulai dari waterdrop notch dan punch hole. Huawei P30 Series sepertinya akan menggunakan waterdrop notch daripada punch hole. Dan untuk punch hole, Huawei baru memiliki seri Nova 4. Bisa jadi Huawei akan menggunakan punch hole untuk seri Mate 30 ini, tetapi yang pasti tidak akan seperti Mate X. Yah, tentu saja...

Segi desain memang belum bisa dipastikan. Untuk warna kemungkinan Huawei masih akan menggunakan pola gradasi, secara mereka yang bertanggung jawab dengan pola warna gradasi untuk smartphone yang saat ini digunakan hampir oleh seluruh pabrikan smartpone. Beberapa rumor menyebut Huawei Mate 30 akan memiliki empat kamera belakang. Bisa saja, karena Huawei hampir selalu memberikan kejutan untuk smartphone flagship mereka. Jadi, tunggu saja kejutan-kejutan yang ditunjukkan oleh Huawei untuk smartphone flagship terbarunya ini.

HARDWARE
Sementara itu, untuk bagian jeroan disebut-sebut Huawei Mate 30 akan menggunakan chipset baru yang lebih kuat daripada chipset Kirin 980 yang belum lama dibuat oleh Huawei. Kirin 985, begitu chipset terbaru tersebut, konon akan didukung dengan next-gen lithography tech. Chipset ini kemungkinan besar masih akan menggunakan fabrikasi 7nm. Huawei mau tidak mau memang harus meningkatkan performa prosesor buatan mereka itu karena performanya bisa dibilang masih berada di bawah kompetitor utama yaitu Snapdragon 855 dan tentu Apple A12 Bionic. Menarik untuk ditunggu apakah performa Kirin 985 ini akan meningkat dan menjadi lawan kuat untuk prosesor-prosesor lain yang ada di pasaran saat ini.
 (pic)
BERIKAN KOMENTAR ()