Samsung Akan Tiru Sistem Kamera Pop-up, Mulai Kehabisan Ide?

advertise here
Smartphone dengan layar penuh tanpa notch, waterdrop hingga punch hole nampaknya masih akan menjadi salah satu idaman, baik bagi pengguna ataupun bagi para pembuat smartphone. Masalahnya, sampai saat ini smartphone berlayar penuh belum bisa diaplikasikan secara optimal tanpa mengorbankan fitur yang lainnya. Vivo misalnya, sebagai pelopor smartphone layar penuh, mereka terpaksa menyembunyikan kamera depan melalui sistem kamera pop-up. Kemudian diikuti oleh OPPO yang juga menggunakan sistem mekanis untuk menyembunyikan kamera depan. Honor dan Xiaomi mengikuti dengan konsep slider. Terbaru, Vivo kembali membuat smartphone dua layar untuk mengakomodasi kebutuhan layar depan yang penuh, dan juga benar-benar menghilangkan kamera depan pada Vivo Apex 2019.


Sementara itu, Samsung yang mulai terancam sebagai penguasa pasar smartphone dunia mulai berpikir keras bagaimana mempertahankan prestasi mereka tersebut. Terbaru, untuk pertama kalinya Samsung mulai serius dengan smartphone terjangkau yang mereka gunakan sebagai penjegal smartphone-smartphone budget-friendly yang memiliki spesifikasi mumpuni seperti Redmi, Realme, hingga Xiaomi. Bahkan demi memuluskan langkah tersebut Samsung juga mulai mengadopsi waterdrop notch, sesuatu yang cukup jarang bagi Samsung mengikuti tren pasar.

Tetapi ternyata tidak sampai disitu saja karena sekali lagi Samsung akan meniru teknologi yang pernah digunakan oleh brand lain. Seperti yang dibocorkan oleh akun ternama Ice Universe, Samsung dikabarkan akan menggunakan teknologi pop-up kamera demi mendapatkan layar penuh pada sebuah smartphone. Sebelumnya Samsung mengadopsi punch hole untuk beberapa smartphone terbaru mereka termasuk Galaxy S10 Series.

Samsung mulai kehabisan ide kah dengan meniru-niru fitur smartphone lain?

Bisa ya bisa tidak. Karena dalam dunia desain, apapun itu, tak ada yang benar-benar originial seratus persen. Maka bisa jadi Samsung akan mengamati, kemudian meniru dan memodifikasi pop-up kamera yang sebelumnya digunakan pertama kali oleh Vivo. Dengan memodifikasi sedikit, atau mungkin banyak, Samsung paling tidak memiliki sesuatu yang mereka tonjolkan lebih daripada hanya meniru mentah-mentah. 

Lalu smartphone Samsung apakah ini?

Masih dari Ice Universe, konon pop-up kamera depan ini akan digunakan untuk smartphone terbaru Samsung yaitu Samsung Galaxy A90. Seperti diketahui, Samsung Galaxy seri A memang menjadi salah satu perangkat "eksperimen" Samsung karena beberapa seri Galaxy A terakhir memiliki berbagai teknologi dan fitur yang bisa dibilang wow untuk smartphone seri kelas menengah. Misal tiga kamera belakang, empat kamera belakang, kemudian punch hole pertama kali dan kali ini pop-up kamera depan. Dengan demikian jika Samsung Galaxy A90 ini akan menggunakan pop-up kamera maka sekaligus smartphone ini akan menjadi smartphone Samsung pertama yang memiliki layar full view.
BERIKAN KOMENTAR ()