Sama-sama Pakai Chipset Kirin 970, Kenapa Honor 10 Jauh Lebih Murah dari Huawei P20 Pro?

Konten [Tampil]
Huawei P20 Pro pada kemunculan pertamanya beberapa waktu lalu berhasil mencuri perhatian publik dengan tiga buah kamera di bagian belakangnya yang mampu menghasilkan gambar jernih. Selain itu, desain bodi belakangnya yang sangat menarik juga mampu mendapatkan pujian dari para penggila gadget. Sementara adiknya beda ibu yang baru lahir, Honor 10 juga mendapatkan perhatian yang tak kalah meriah. Selain desainnya yang ciamik, harga yang sangat bersaing juga menjadi daya tarik utama smartphone Honor 10 ini.


Faktanya, kedua smartphone ini, Huawei P20 Pro dan Honor 10 menggunakan chipset yang sama yaitu Hi-Silicon Kirin 970. Tetapi jika dibandingkan - selain faktor tiga kamera - kenapa harga kedua perangkat yang masih bersaudara itu sedemikian jomplang?

Bagaimanapun, penggunaan chipset yang sama tidak menjamin sebuah perangkat bisa disamakan dengan perangkat yang lain. Contoh lain, ASUS ZenFone Max Pro M1 dan ASUS ZenFone 5 juga sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 636, dan harga kedua perangkat tersebut terpaut cukup jauh.

Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang digunakan dalam sebuah perangkat. Dalam kasus Huawei dan Honor ini tentu ada banyak yang mempengaruhi sehingga Huawei P20 Pro menjadi lebih mahal daripada Honor 10. Pertama tentu karena induk utamanya adalah Huawei dan khusus dipasarkan untuk segmen high-end user, dan berkompetisi secara langsung dengan smartphone flagship lain seperti duo Samsung Galaxy 9/9 Plus sampai Apple iPhone X.

Kedua, tiga kamera milik Huawei P20 Pro merupakan kamera kelas berat garapan ahli kamera Leica yang tentu saja membuat harganya semakin tinggi. Dan bukan hanya dua, tetapi tiga, yang menjadikan Huawei P20 Pro sebagai smartphone pertama dengan tiga kamera belakang. Sementara dua kamera milik Honor 10 bukan hasil kerjasama dengan Leica. Meskipun kemampuan dua kamera Honor 10 ini juga dilengkapi dengan AI.

Ketiga, RAM dan kapasitas ruang penyimpanan pada Huawei P20 Pro lebih besar daripada Honor 10. Selain itu, kapasitas baterai Huawei P20 Pro juga lebih besar daripada Honor 10. Di bagian layar, Huawei P20 Pro memberikan layar sebesar 6,1 inchi berpanel AMOLED, sementara Honor 10 menggunakan layar sebesar 5,84 inchi berpanel IPS LCD. Dalam hal kepekatan, layar berpanel AMOLED sering disebut-sebut lebih baik daripada layar berpanel IPS LCD.

Tentunya dengan perbedaan-perbedaan tersebut, semua kembali ke pengguna. Baik Huawei P20 Pro dan Honor 10 adalah dua smartphone yang sangat berkualitas di kelasnya masing-masing. Bagi yang gemar traveling sekaligus fotografi, Huawei P20 Pro sepertinya akan lebih cocok. Sementara bagi pengguna yang ingin tampil beda, dengan smartphone berkilauan layaknya langit Kutub Utara, Honor 10 bisa menjadi pilihan.

Harga Huawei P20 Pro Rp 12.000.000
Harga Honor 10 Rp 7.000.000

Belum ada Komentar untuk "Sama-sama Pakai Chipset Kirin 970, Kenapa Honor 10 Jauh Lebih Murah dari Huawei P20 Pro?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel