Lebih Dekat Dengan Nokia 6.1 Plus - Smartphone Terbaru Nokia di Segmen Mid-Range

advertise here
HMD Global baru-baru ini telah mengumumkan sebuah smartphone baru lagi di India, dengan nama Nokia 6.1 Plus. Smartphone ini merupakan perangkat yang sama dengan Nokia 6 yang dirilis di China yang telah dirilis beberapa waktu lalu. Dengan perilisan Nokia 6.1 Plus ini, perangkat ini menjadi penerus Nokia 6 original yang dirilis pertama kali tahun 2017 lalu. 


Sebagai generasi baru, tentunya terdapat beberapa perbaikan dan upgrade pada beberapa bagian. Untuk Nokia 6.1 Plus ini, bagian hardware merupakan salah satu bagian yang mendapatkan upgrade untuk memompa performanya, dan satu lagi tentu saja sisi desainnya. HMD Global sendiri menempatkan Nokia 6.1 Plus di segmen kelas menengah yang merupakan segmen dengan persaingan paling keras, dan menempatkan dirinya untuk berkompetisi langsung dengan Xiaomi dan Honor.

DESAIN
Dari sisi desain, Nokia 6.1 Plus memiliki bodi kaca mengilap di bagian belakang yang menjadikan perangkat ini terasa premium, bahan yang kini semakin jamak digunakan pada smartphone kelas menengah. Di bagian kaca ini terdapat dua buah kamera serta flash, dan sensor sidik jari yang membentuk satu garis lurus di tengah.

Untuk mempercantik, logo Nokia serta logo Android One juga bisa dilihat di bagian belakang. Sementara bagian belakang menggunakan bahan aluminum alloy, untuk sisi depan Nokia 6.1 Plus menggunakan kaca yang telah dilengkapi dengan teknologi keamanan dari Corning, yakni Gorilla Glass 3. 


Layarnya sendiri sebesar 5.8 inchi dengan resolusi FullHD+ dengan rasio kekinian 19:9, yang artinya terdapat sebuah notch alias poni di layar bagian atas. Secara keseluruhan, perbandingan antara layar dan bodi mencapai 81.5% yang tentunya sudah terasa sangat lega. Secara keseluruhan, bobot dari Nokia 6.1 Plus ini sekitar 151 gram dengan ketebalan mencapai 8 mm.

PURE DAN UP-TO-DATE ANDROID
Salah satu keunggulan sistem operasi Android murni atau Pure Android Stock adalah jaminan keamanan karena akan selalu mendapatkan update langsung, yang hal ini belum tentu didapatkan jika menggunakan User Interface Android Based. Dengan tercetaknya logo Android One di bagian belakang, hal ini merupakan jaminan jika Nokia 6.1 Plus akan mendapatkan update Android berkala karena menggunakan stock Android murni. Di dalamnya, Nokia 6.1 Plus telah terpasang Android 8.1 Oreo murni yang tentu saja menawarkan kecepatan dan tampilan sederhana yang menawan.

HARDWARE DAN KAMERA
Sebagai perangkat yang lebih baru, Nokia 6.1 Plus dibenamkan sebuah prosesor tangguh yang menjadi idola di banyak perangkat menengah yaitu Snapdragon 636, yang dipadukan dengan RAM sebesar 4GB dan memiliki kapasitas memori internal sebesar 64GB. Untuk mendukung segala kinerjanya, Nokia 6.1 Plus menggunakan baterai berkapasitas 3060 mAh yang telah memiliki fitur fast-charging.

Untuk bagian kamera, seperti yang disebutkan di atas bahwa perangkat ini memiliki dua kamera di belakang. Lebih lanjut, dua kamera belakang ini memiliki resolusi sebesar 16MP dan 5MP dengan satu kamera depan sebesar 16MP. Pihak Nokia mengklaim bahwa kemampuan kamera di Nokia 6.1 Plus ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan AI. 

HARGA DAN KETERSEDIAAN
Untuk saat ini, Nokia 6.1 Plus baru dirilis di India dan belum ada informasi apakah HMD Global akan memboyong smartphone ke Indonesia. Bisa iya bisa tidak, mengingat Nokia X6.1 juga ternyata masih menjadi smartphone ghoib saat ini di Indonesia meskipun telah dirilis beberapa waktu yang lalu. Di India sendiri, harganya sekitar $230 atau kurang lebih Rp 3.5 jutaan. Nokia 6.1 Plus sendiri ditawarkan dalam beberapa pilihan warna yaitu Midnight Blue, Gloss Black, dan Gloss White.

Bagaimana, tertarik?
BERIKAN KOMENTAR ()