Cara Menginstall Google Apps di Smartphone Huawei Mate 30 Series

advertise here
Huawei Mate 30 Series baru saja dirilis dengan spesifikasi gila-gilaan dan segudang fitur canggih. Tetapi dengan segudang fitur canggih tersebut, penggila gadget sangat menyayangkan ketiadaan layanan Google Apps, atau Google Apps Service. Hal ini akhirnya memang harus terjadi sebagai imbas dari perseteruan antara Huawei dan pemerintah Amerika Serikat.


Google Apps Service tentu bisa dibilang merupakan bagian yang paling vital bagi smartphone Android mengingat sistem operasi ini merupakan salah satu karya Google. Sehingga tak heran jika kemudian di sistem operasi ini memiliki berbagai jenis aplikasi yang terintegrasi dengan Google. Lalu bagaimana jika tak ada aplikasi Google pada smartphone? 

Sebagai perbandingan, lihat saja Windows Phone dan BlackBerry. Keduanya menggunakan sistem operasi buatan mereka sendiri, tetapi akhirnya tumbang. Bahkan meskipun kedua sistem operasi tersebut masih bisa dipasang aplikasi Google. Lalu bagaimana dengan smartphone Android tetapi tanpa aplikasi Google. Lebih-lebih Google Service?

Baca
Baru Dirilis, Akankah Huawei Mate 30 Series Sesukses Pendahulunya?

Untungnya ada cara untuk menginstall Google Apps bagi pengguna Huawei Mate 30 Series, meskipun tidak semua aplikasi Google bisa dipasang. Tetapi paling tidak hal tersebut bisa membantu mendapatkan kembali data yang tersimpan di perangkat sebelumnya. Tetapi perlu diperhatikan bahwa karena ketiadaan Google Apps secara bawaannya, mungkin akan ada resiko yang ditanggung pengguna jika memang harus menginstall aplikasi Google di Huawei Mate 30 Series. Jika sudah yakin, simak caranya di bawah ini.

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai Google Service Assistant, yang merupakan layanan khusus smartphone Huawei di China yang bisa digunakan melakukan update secara berkala agar smartphone Android tersebut tetap bekerja dengan optimal. Nah, jika sudah mari langsung ke langkah-langkah menginstall aplikasi Google di Huawei Mate 30 Series.

Langkah pertama - terlebih dahulu download sebuah installer dari laman lzplay.net kemudian jika sudah selesai langsung buka installer tersebut melalui smartphone. Tap bagian-bagian yang menyatakan persetujuan untuk menginstall dan mengakses memori internal. 


Langkah kedua - pada tahap ini langkah-langkah dan instruksi akan tertulis dalam bahasa China tetapi secara garis besar cukup sederhana. Singkatnya, aplikasi tersebut akan meminta izin pada pengguna untuk menjadi administrator perangkat agar bisa mendapatkan update sehingga bisa mendapatkan layanan aplikasi Google secara penuh. Sebelum aplikasi diaktifkan, ada semacam tampilan sekilas yang menunjukkan bahwa tampilan smartphone setelah diinstal Google Aps. Jika sudah mantap langsung tap bagian Activate.


Langkah ketiga - tunggu proses pengunduhan Google Mobile Service sampai selesai, termasuk Google Play. Ketika selesai tab tombol berwarna biru untuk memprosesnya.

Langkah keempat - setelah pengunduhan selesai pengguna bisa langsung mengakses berbagai layanan Google tersebut termasuk login ke Google Play dan mendownload berbagai aplikasi menggunakan Google Play tersebut. Sebelum menggunakannya, lebih baik restart perangkat terlebih dahulu.

Sebagai tambahan, jika pengguna ingin meng-uninstall Google Service Assistant caranya juga cukup mudah, pengguna hanya harus mengakses Settings > Security > More Settings > Device Administrators and remove its admin permissions. Jika sudah ketemu cukup sentuh sambil ditahan lalu ketuk Uninstall.

Itulah cara mudah bagi pengguna smartphone terbaru Huawei Mate 30 Series yang ingin mendapatkan layanan Google Apps di smartphone-nya. Tentu resiko harus ditanggung oleh pengguna sendiri. Tetapi jika memang sangat membutuhkan aplikasi Google pada Mate 30 Series, cara tersebut bisa digunakan.
BERIKAN KOMENTAR ()