Perangkat Smartphone Baru Huawei Tidak Akan Mendapatkan Google Apps

Drama antara dua raksasa di bidang teknologi, Huawei dan Google memasuki babak baru. Setelah beberapa waktu lalu Huawei mendapatkan angin segar dengan kembali bisa menggunakan sistem operasi Android buatan Google, kini menjelang perilisan smartphone flagship terbaru Huawei, yaitu Huawei Mate 30 Series, kabar tak mengenakkan kembali menerpa Huawei.


Ke depan, smartphone-smartphone baru yang dirilis oleh Huawei tidak akan mendapatkan dukungan untuk Google Apps, dan hal ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara Google (Jakarta Post), yang menyatakan bahwa Google tidak akan memberikan akses untuk aplikasi Google semacam Gmail, Maps, dan YouTube untuk smartphone-smartphone terbaru Huawei akibat sanksi yang diberikan oleh Presiden Donald Trump.

Hal ini tentu memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi Huawei. Pasalnya mereka sedang mempersiapkan smartphone flagship baru Mate 30 Series yang cukup menarik perhatian penggila gadget dan fans. Dengan sanksi tersebut, Huawei Mate 30 hanya akan menggunakan sistem operasi open-source Android.

Ketiadaan dukungan Google Apps untuk smartphone baru Huawei mendatang juga bisa memberikan keuntungan bagi kompetitor mereka di industri smartphone. Semua smartphone Android bisa menggunakan dan mengakses layanan Google Apps, kecuali Huawei. Hal ini memberikan tekanan tersendiri bagaimana Huawei harus meyakinkan konsumen dan fans agar tetap menggunakan produk mereka. HarmonyOS? Bisa jadi Huawei memberikan kejutan dengan menggunakan sistem operasi buatan mereka ini untuk smartphone baru ke depannya, tetapi hal tersebut sama saja dengan berjudi.

Google Apps saat ini bisa dibilang sudah seperti kebutuhan bagi pengguna Android. Pasalnya pengguna harus login menggunakan akun Google untuk bisa mengakses Android. Tetapi ada yang menarik dari pernyataan Huawei menanggapi sanksi ini. Huawei menyatakan bahwa mereka tetap akan menggunakan Android jika pemerintah Amerika memberikan izin. Tetapi mereka juga akan tetap mengembangkan sistem operasi dan ekosistem (smartphone) milik mereka sendiri.

Sementara itu, Huawei Mate 30 Series dikabarkan akan dirilis pada bulan depan tepatnya tanggal 18 September 2019 di Jerman. 

Belum ada Komentar untuk "Perangkat Smartphone Baru Huawei Tidak Akan Mendapatkan Google Apps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel