Google Pindahkan Produksi Pixel dari China ke Vietnam

advertise here
Bukan rahasia lagi bahwa China merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Dengan hampir separuh pemain smartphone dunia yang berasal dari China, tentu persaingan smartphone di China sangatlah ketat dan keras. Google, yang belum lama terjun di industri smartphone dengan Pixel Phone mereka bahkan juga memiliki tempat produksi smartphone di China. Tetapi baru-baru ini Google dikabarkan akan segera memindahkan proses produksi smartphone Pixel mereka ke luar China, tepatnya di Asia Tenggara yaitu di Vietnam.


Hal ini dikarenakan Google merasa bahwa biaya proses produksi yang dibutuhkan meningkat dengan drastis. Pemindahan produksi ini bahkan disebut-sebut akan segera dilakukan, sebelum akhir tahun 2019. Sementara Google Pixel 4 Series masih akan dikerjakan di China. Sementara di Vietnam, Google akan menggunakan fasilitas yang dulu pernah digunakan oleh Nokia. Selain menekan biaya produksi, pemindahan ini juga disebut untuk meningkatkan jumlah smartphone yang dihasilkan.

Pemindahan ini memang hampir pasti akan dilakukan oleh Google, tetapi seperti yang tertulis di atas, untuk Google Pixel 4 Series masih akan dikerjakan di China. Beberapa aktifitas atau produksi beberapa part juga masih akan dikerjakan di China karena Google menyadari bahwa pasar China masih sangat penting sehingga mereka mempertahankan beberapa aktifitas di China. 

Dengan pemindahan proses produksi ke luar China, terutama ke Asia Tenggara, tentu fans Google Pixel di Indonesia bisa berharap ke depannya smartphone ini bisa masuk secara resmi ke Indonesia. 
BERIKAN KOMENTAR ()