Kabar Gembira! AS Cabut Larangan Embargo Terhadap Huawei

advertise here
Jika ada berita menghebohkan beberapa hari terakhir seputar teknologi smartphone, maka berita tentang perseteruan antara Amerika dan Huawei mungkin adalah yang paling menyedot perhatian. Bagaimana tidak, dengan larangan tersebut maka Huawei tidak akan bisa lagi menggunakan sistem operasi Android, dan juga dilarang bekerja sama dengan perusahaan Amerika lainnya. 


Padahal Huawei baru saja merilis smartphone menawan P30 Series yang merupakan smartphone flagship terbaru dari perusahaan asal China tersebut. Menolak untuk menyerah, Huawei dikabarkan sedang menggarap sistem operasi mandiri yang disebut Hong Meng OS, atau Ark OS, hingga Oak OS. Selain itu mereka juga menjalin kesepatakan dengan Rusia untuk ujicoba Sailfish OS. Selain itu Huawei juga sempat merilis sebuah chipset baru yaitu Kirin 810 yang menjadi chipset kelas menengah terbaru milik Huawei.

Melihat Huawei yang agresif seperti itu, konon Google meminta Trump untuk melonggarkan larangan terhadap Huawei. Menurut Google, Huawei akan lebih berbahaya jika mengembangkan sistem operasi sendiri. Karena seperti yang telah diketahui, penyebab larangan terhadap Huawei ini konon merupakan kekhawatiran AS akan kemungkinan spionase yang dilakukan Huawei.

Sementara di KTT G20 yang berlangsung di Osaka, Jepang, kemarin tanggal 29 Juni 2019 Trump mengadakan pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping. Pada pertemuan tersebut Trump disebut-sebut sudah mencabut larangan atau embargo terhadap Huawei. “Perusahaan Amerika memproduksi produk, Ini rumit. Kami adalah satu-satunya yang memiliki teknologi. Saya telah setuju untuk mengizinkan mereka untuk menjual produk (ke Huawei) karena saya suka perusahaan kami menjual barang kepada orang lain,” kata Trump seperti dilansir GSM Arena.

Ternyata banyak perusahaan Amerika yang merasa kecewa tak bisa bermitra dengan Huawei sehingga hal tersebut menjadi pertimbangan khusus bagi Trump. Meskipun masih akan ada langkah lanjutan terkait dengan pencabutan larangan untuk Huawei yang akan dibahas lebih mendalam. Dan dengan pencabutan ini tentu menjadi kabar gembira bagi penggila gadget terutama fans Huawei. 

Lalu bagaimana kelanjutannya? Tunggu saja.
BERIKAN KOMENTAR ()