Segala Hal yang Perlu Diketahui Tentang ASUS Zenfone 6

advertise here

Baca Juga

ASUS memiliki tahun yang luar biasa pada 2018 lalu. Kini seolah tak ingin kehilangan timing, ASUS kembali melakukan sebuah gebrakan, dengan merilis smartphone baru yang tergabung dalam lini Zenfone. Dengan keluarnya Zenfone terbaru ini, rumor yang pernah menyatakan bahwa ASUS akan lebih fokus pada smartphone gaming dan menghentikan Zenfone terpatahkan.


Menariknya, ASUS mengambil waktu perilisan Zenfone 6 terbaru ini tak jauh dari perilisan smartphone kompetitor yaitu OnePlus 7 Pro yang juga terlihat cukup menjanjikan. Dalam beberapa hal keduanya memiliki persamaan, misalnya yang paling terlihat adalah layar full-view tanpa tradisional notch, waterdrop notch, atau punch hole untuk menempatkan kamera depan. OnePlus bermain lebih aman dengan mengandalkan teknologi milik saudara mereka, Vivo, menggunakan pop-up kamera. 

Sementara ASUS memilih untuk menggunakan konsep berbeda, yang belum pernah digunakan sebelumnya, meskipun konsepnya sama; menyembunyikan kamera depan. Dan secara keseluruhan, spesifikasi ASUS Zenfone 6 ini terlihat menjanjikan. Seperti apa?


SPESIFIKASI ASUS ZENFONE 6

Display
6.4-inch IPS LCD
FHD+ resolution
19.5:9 ratio
Corning Gorilla Glass 6
Processor
Qualcomm Snapdragon 855
GPU
Qualcomm Adreno 640
RAM
6GB / 8GB
LPDDR4X
Storage
64GB / 256GB
UFS 2.1
Expandable with microSD card (up to 2TB)
Battery
5,000mAh battery
Quick Charge 4.0 at 18W
Cameras
Primary:
48MP Sony IMX586 sensor
f/1.79 aperture
0.8μm / 1.6μm pixels
1/20-inch
Dual LED flash
4K 60fps video with EIS (front and back)

Secondary:
13MP ultra-wide sensor
Connectivity
802.11a/b/g/n/ac
2x2MIMO
Bluetooth 5.0
NFC
GPS (Dual bands, L1+L5)
GLONASS(L1)
BDS(B1)
GALILEO (Dual bands, E1+E5a)
QZSS (Dual bands, L1+L5)
SIM
Dual nano-SIM
MicroSD card (up to 2TB)
Operating System
Android 9 Pie
Audio
Dual speakers
NXP TFA9874 smart amp
Bundled earphones
3.5mm headphone jack
Dimensions
159.1 x 75.44 x 9.1mm (largest model)
190g
Colors
Midnight Black, Twilight Silver
Corning Gorilla Glass 3 for back glass

Dari tabel spesifikasi di atas, tak terlihat adanya kamera depan karena memang seperti yang tertulis di sebelumnya ASUS menggunakan konsep berbeda dalam penerapan kamera depan. Bukan pop-up, slider, atau punch hole, melainkan sebuah konsep yang oleh ASUS disebut sebagai Flip Camera. Nah, seperti apa Flip Camera ini akan diulas di bawah. 

KAMERA
ASUS menyebut teknologi kamera yang digunakan untuk Zenfone 6 ini dengan nama Flip Camera. Bukan pop-up atau slider, melainkan sebuah cara yang memungkinkan kamera belakang atau kamera utama bisa berputar ketika kamera depan diaktifkan. Mirip dengan apa yang dilakukan Samsung untuk seri Galaxy A80 mereka. 


Keuntungan Flip Camera ini adalah pengguna bisa mengambil foto selfie dengan kamera utama yang artinya memiliki kualitas yang baik karena sama saja mengambil foto dengan kamera utama. Selain itu tentu saja teknologi ini membuat layar ASUS Zenfone 6 menjadi sangat lega dengan rasio mencapai 92% karena nyaris tak terganggu bezel yang biasanya menjadi permasalahan utama pada smartphone Android. 

Dua kamera belakang ASUS Zenfone 6 ini memiliki resolusi sebesar 48MP untuk kamera utama dan 13MP untuk kamera kedua wide-angle. Dua kamera ini memiliki fitur diantaranya mampu merekam sampai resolusi 4K yang dilengkapi EIS untuk menjaga kestabilan gambar. Jika pada Zenfon 5 hasil kameranya mendapatkan skor 98 menurut DxOMark, tentu banyak penggemar yang berharap agar kamera Zenfone 6 ini mendapatkan peningkatan performa.

Mengenai kekuatan Flip Camera ini, disebut-sebut bahwa bahan yang digunakan untuk membuat housing kamera ini adalah Liquid Metal yang disebut-sebut memiliki kekuatan yang lebih tangguh daripada stainless steel tetapi memiliki bobot yang lebih ringan. Pengujian yang dilakukan untuk flip kamera ini juga disebut mampu mencapai sekitar 200.000 kali.

FITUR LAIN
Fitur-fitur pada Zenfone 6 ini tentu tidak diragukan lagi sangat sesuai dengan tampilannya yang gahar. Tetapi jika ada satu hal yang bisa dibilang kurang, maka itu adalah layarnya yang masih menggunakan IPS LCD bukannya AMOLED. Pada seri Zenfone 5z, ASUS menggunakan layar berpanel AMOLED yang sudah dikenal luas memiliki kualitas yang lebih baik daripada LCD. 

Tetapi yang lainnya, bisa dibilang jempolan. Baterai raksasa 5,000mAh yang melampaui beberapa smartphone flagship, misal Samsung Galaxy S10 Plus, hingga yang terbaru kemarin OnePlus 7 Pro. Kemudian juga ada 3.5 mm headphone jack yang memang masih banyak digemari meskipun banyak smartphone flagship menghilangkan fitur ini. NFC, kemudian port USB Type-C juga tak ketinggalan. 

HARGA DAN KETERSEDIAAN
Untuk harganya, ASUS memberikan perbedaan harga tergantung besaran RAM dan memori internal. Untuk ASUS Zenfone 6 6GB/64GB harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 6.5 juta. Sementara untuk varian Zenfone 6 6GB/128GB harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 8.1 juta. Dan untuk seri tertinggi Zenfone 6 dengan 8GB/256GB harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 8.7 juta.

Untuk ketersediaan di pasar, belum ada informasi resmi mengenai waktunya. Dan untuk Indonesia sendiri sepertinya akan menjadi salah satu yang mendapatkan kesempatan untuk menikmati ASUS Zenfone 6 ini karena beberapa waktu lalu akun Instagram ASUS Indonesia sempat mengunggah poster promosi dari Zenfone 6 ini. Hanya saja semoga tidak ghaib seperti Zenfone 5 Series tahun lalu dimana smartphone tersebut benar-benar sangat sulit didapatkan.

Dan pertanyaan selanjutnya adalah, apakah akan ada seri Zenfone 6z dan Zenfone 6 Lite seperti seri Zenfone 5 Series tahun lalu?

BERIKAN KOMENTAR ()