Chipset Battle #2: Selain Snapdragon 8150 Qualcomm Juga Siapkan Snapdragon 865, Samsung Mengintai Dengan Exynos 9820

advertise here
Qualcomm sepertinya belum merasa puas hanya dengan menjadi yang tercepat. Bahwa Snapdragon 8150 sudah bisa dipastikan akan hadir, Qualcomm ternyata juga masih memiliki senjata baru lagi yang akan menjadi amunisi, dan kemungkinan akan lebih powerful daripada Snapdragon 8150. Chipset Snapdragon 8150 sendiri belum digunakan secara resmi pada sebuah smartphone, dan masih sebatas rumor tentang smartphone mana yang akan menggunakan chipset monster ini. Meizu 16s adalah salah satu yang dikabarkan akan mendapatkan dukungan dari Snapdragon 8150.


Tetapi menurut isu yang berkembang tentang chipset tersebut, Snapdragon 8150 adalah sebatas codename, bukan nama resmi. Hal ini berdasarkan apa yang dituliskan PCMag bahwa kemungkinan besar chipset baru Qualcomm tersebut akan menggunakan nama yang lebih sederhana, yaitu Snapdragon 855. 

Dan seperti apa yang sudah tertulis di atas, bahwa Qualcomm masih memiliki amunisi lainnya adalah benar. Benarkan lebih powerful daripada Snapdragon 8150 - untuk sementara nama ini yang akan di gunakan pada tulisan ini - ? Tentu saja, jika melihat nomor seri yang tertulis, yaitu SDM865 atau SDM8250 yang akan didukung dengan SDX55. Sebagai informasi, SDX55 merupakan modem yang terintegrasi dengan chipset tersebut yang (diharapkan) mendukung jaringan 5G.

Kemungkinan besar, Snapdragon 865 dan modem SDX55 ini akan dirilis pada sekitar quarter ketiga tahun 2019. Hal ini digunakan sebagai serangan balik atau respon atas Exynos 9820 yang akan digunakan sebagai chipset utama pada smartphone yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya yaitu Samsung Galasy S10 Series. Exynos 9820 merupakan chipset terbaru buatan Samsung yang akan digunakan sebagai chipset utama pada Galaxy S10 Series untuk pasar internasional atau pasar global.

Tetapi tentang nama mana yang akan digunakan oleh Qualcomm untuk chipset barunya tersebut akan bisa diketahui pada sebuah acara yang akan berlangsung tanggal 4-6 Desember mendatang di Hawaii yang bertajuk Snapdragon Tech Summit. Siapapun bisa menyaksikan acara tersebut melalui siaran live streaming di saluran milik Qualcomm. Tunggu saja.
BERIKAN KOMENTAR ()