Nokia Merilis Dua Smartphone Mid Range Baru di IFA 2019 - Nokia 7.2 dan Nokia 6.2

advertise here
Ajang IFA di Berlin, Jerman tahun 2019 ini nampaknya benar-benar akan dimaksimalkan oleh brand-brand smartphone untuk memperkenalkan dan merilis smartphone baru mereka. Nokia (yang kini dimiliki HMD Global), sebagai mantan penguasa di teknologi perangkat telekomunikasi tak mau ketinggalan dengan merilis dua smartphone mid-range terbaru, yaitu Nokia 7.2 dan Nokia 6.2.


Sepertinya memang sudah cukup lama ketika HMD Global merilis smartphone mid-range baru setelah Nokia 6.1 yang sangat populer dan disambut dengan baik kala itu. Hingga kemudian juga muncul Nokia 7.1 di beberapa wilayah yang juga mencuri perhatian. Kini, HMD Global menunggu cukup lama untuk bisa merilis penerus masing-masing yaitu Nokia 6.2 dan Nokia 7.2.

Keduanya bisa dibilang kembar secara tampilan, tetapi Nokia 7.2 memiliki chipset dan kamera yang lebih baik daripada Nokia 6.2. Yang paling menarik dari keduanya tentu adalah housing kamera belakang yang berbentuk lingkaran, yang mengingatkan pada smartphone lawas Nokia ketika masih dipegang Microsoft kala itu.

Dan Motorola juga tentunya. Oh, dan juga Huawei Mate 30 Series.

Baik Nokia 7.2 dan Nokia 6.2 masing-masing memiliki tiga kamera belakang, tetapi seperti yang sudah tertulis di atas, kamera milik Nokia 7.2 lebih superior daripada adiknya, dengan kamera utama sebesar 48MP yang didukung dengan lensa ultra-wide sebesar 8MP dan lensa untuk kedalaman mencapai 5MP. Tak lupa branding ZEISS, karena memang semua lensa Nokia 7.2 dibuat oleh ZEISS. Di bagian depan, Nokia 7.2 memiliki kamera sebesar 20MP yang juga diproduksi oleh ZEISS.

Sementara untuk Nokia 6.2, meski sama-sama memiliki tiga kamera belakang tetapi kualitasnya bisa dibilang masih di bawah 7.2 dengan kamera utama sebesar 16MP yang didukung lensa ultra-wide 8MP dan lensa depth 5MP. Tanpa embel-embel ZEISS. Untuk bagian depan, Nokia 6.2 memiliki kamera sebesar 8MP.

Perbedaan lain ada pada kualitas layar, dimana Nokia 7.2 memiliki layar berukuran 6.3 inchi berpanel IPS LCD dengan resolusi FullHD+. Kemudian untuk chipsetnya, Nokia 7.2 akan menggunakan chipset Snapdragon 660 yang didukung dengan RAM sebesar 4GB atau 6GB serta kapasitas memori internal 64GB hingga 128GB. Untuk tambahan, tersedia slot MicroSD yang mampu menambah kapasitas memori mencapai 512GB.

Sementara layar Nokia 6.2 berukuran 6.3 inchi dengan panel IPS LCD yang sudah beresolusi FHD+. Di bagian chipset, Nokia 6.2 menggunakan chipset Snapdragon 636. 

Yang cukup menarik dari kedua Nokia terbaru ini adalah penggunaan material komposit polymer yang digunakan sebagai frame menggantikan aluminium yang biasa digunakan smartphone lain pada framingnya. Disebutkan HMD bahwa komposit polymer merupakan bahan yang lebih kuat daripada polycarbonat dan lebih ringan daripada aluminium.

Untuk ketersediaannya, duo Nokia terbaru ini baru akan tersedia pada Oktober mendatang dengan bandrol harga yang bervariasi menurut kapasitas memori internal dan besaran RAM-nya. Harga tertinggi untuk Nokia 6.2 mencapai Rp 4 jutaan.
BERIKAN KOMENTAR ()