CEO Huawei: "Huawei P40 Bisa Jadi Akan Gunakan HarmonyOS"

advertise here
HarmonyOS atau yang dikenal dengan HongMeng OS di China, sudah diperkenalkan oleh raksasa teknologi asal China, Huawei, sebagai sistem operasi alternatif multi-platform, yang artinya bisa digunakan pada berbagai perangkat elektronik termasuk smartphone. Namun sampai saat ini belum ada kejelasan apakah sistem operasi milik Huawei ini akan digunakan pada smartphone dalam waktu dekat.


Sampai akhirnya, CEO Huawei Richard Yu mengatakan sesuatu yang sangat menarik terkait dengan kemungkinan digunakannya sistem operasi HarmonyOS ini pada smartphone. Richard Yu mengatakan bahwa bisa jadi HarmonyOS akan digunakan pada smartphone Huawei mendatang. Sang CEO bahkan kemudian menyebutkan P40.

P40 tentu bukan sesuatu yang asing bagi penggila gadget dan fans Huawei. P40 kemungkinan besar merupakan penerus dari Huawei P30 Series yang sampai saat ini masih menjadi smartphone paling populer milik Huawei. Tetapi hal ini masih belum jelas, karena ada yang menyebutkan bahwa smartphone Huawei yang segera dirilis yaitu Huawei Mate 30 Lite juga disebutkan akan menggunakan HarmonyOS.

Permasalahan terkait HarmonyOS ini memang bukan semata-mata karena Huawei menginginkannya, tetapi jika pelarangan Amerika terhadap Huawei berlanjut dan tak mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, penggunaan HarmonyOS pada smartphone Huawei maka bisa jadi menjadi lebih awal. Jika memang keadaan tak berubah terkait pelarangan penggunaan Android untuk Huawei, maka paling cepat tahun depan, dimulai dengan Huawei P40, HarmonyOS akan segera digunakan.

Richard Yu juga mengatakan bahwa HarmonyOS saat ini sudah siap digunakan untuk smartphone tetapi Huawei masih menunggu perkembangan kondisi antara Amerika dan Huawei. Berbagai aplikasi Google yang menjadi andalan Android juga telah disiapkan penggantinya oleh Huawei. Misalnya saja App Gallery untuk menggantikan Google Play, hingga Huawei Mobile Services untuk menggantikan layanan yang disediakan Google. 

Penggila gadget dan fans tentu sudah tak sabar ingin mengetahui bagaimana kinerja HarmonyOS ini. Apakah nantinya bisa bersaing dengan Android (dan iOS)? Keunggulan HarmonyOS untuk saat ini mungkin kegunaannya yang bisa digunakan pada berbagai perangkat elektronik sehingga ketika pengguna ingin melakukan sinkronisasi antar-perangkat tentu akan menjadi lebih mudah.

Tak sabar? Tunggu saja.
BERIKAN KOMENTAR ()