Ingin Beli Smartphone Baru, Pelajari 9 Hal Penting Ini

advertise here

Baca Juga

Perkembangan teknologi smartphone yang semakin hari semakin canggih namun harganya semakin terjangkau tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna. Apalagi hampir setiap bulan pasti ada smartphone baru yang dirilis. Semuanya menawarkan keunggulannya yang diklaim lebih unggul dari smartphone merk lain. 


Bagi yang ingin membeli smartphone baru, tentu harus berhati-hati karena banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli sebuah smartphone. Jangan sampai asal membeli karena banyak orang yang membeli sehingga ikut-ikutan membeli suatu merk tertentu. Nah, bagi siapapun yang ingin membeli smartphone baru, setidaknya ada 9 hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal nantinya. Apa saja?

SISTEM OPERASI
Untuk saat ini yang paling populer adalah iOS yang digunakan pada smartphone buatan Apple, yaitu iPhone dan Android, sistem operasi yang digunakan untuk smartphone Samsung, Xiaomi, dan lain-lain. Sebelum membeli, ketahui sistem operasinya terlebih dahulu karena semuanya memiliki keunggulan dan kelemahan. iOS milik Apple dikenal lebih stabil dan ringan, sementara Android dikenal karena lebih mudah digunakan, dilakukan kustomisasi, dan kemudahan menginstall aplikasi pihak ketiga. Pelajari juga tentang sistem update-nya.

HARGA
Semakin mahal jelas fitur sebuah smartphone akan semakin lengkap. Tetapi apakah smartphone yang harganya lebih dari Rp 10 juta cocok untuk gaya hidup kita sehari-hari? Jika smartphone digunakan hanya untuk sebatas berfoto-foto, chatting, browsing, menonton video, hingga bermain game, maka smartphone dengan harga Rp 2 juta sampai Rp 4 juta sudah sangat lebih dari cukup. Intinya adalah sesuaikan dengan kebutuhan.

UKURAN LAYAR
Untuk saat ini ukuran layar smartphone rata-rata adalah 6 inchi keatas. Bagi beberapa orang yang senang menonton video dan bermain game mobile, smartphone berlayar besar akan lebih baik. Tetapi bagi orang yang tidak terlalu suka dengan kegiatan seperti game mobile atau menonton video, mengambil smartphone dengan layar yang lebih kecil mungkin lebih baik.

DISPLAY 
Perhatikan juga display sebuah smartphone. Lebih baik pilih smartphone yang bisa menampilkan layar yang masih bisa terlihat cukup jelas di bawah sinar matahari. Tips-nya, pilih layar yang memancarkan warna tajam bukan hanya melihat pada resolusinya saja. Untuk saat ini, layar berpanel OLED dan SuperAMOLED mungkin masih yang terbaik dalam urusan kecerahan dan ketajaman layar.

KAMERA
Rata-rata kamera smartphone saat ini antara 16MP sampai yang terbesar saat ini adalah 48MP. Bagi yang senang memotret menggunakan kamera smartphone, mungkin akan beranggapan bahwa semakin besar megapixel kamera maka hasil fotonya akan semakin bagus. Tetapi jangan salah, daripada megapixel lebih baik pelajari jenis lensa yang digunakan. Selain itu imbangi dengan skill memotret karena man behind the gun adalah lebih penting.

PROSESOR
Jangan asal pilih smartphone tanpa mengetahui jenis prosesor yang digunakan. Prosesor paling populer saat ini adalah Snapdragon buatan Qualcomm. Prosesor ini paling banyak digunakan dan paling mudah dipelajari tingkatan-tingkatannya. Seri Snapdragon 6xx saat ini banyak digunakan pada smartphone berharga sekitar Rp 2 jutaan. Sementara di atasnya ada Snapdragon 7xx yang banyak digunakan pada smartphone kelas menengah. Semakin tinggi seri prosesor yang digunakan semakin kencang performa smartphone tersebut. Selain Snapdragon ada juga MediaTek, Exynos buatan Samsung, dan Kirin buatan Huawei.

BATERAI
Penting. Cari smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar sekitar 3,000mAh sampai 5,000mAh sehingga smartphone bisa bertahan sepanjang hari tanpa harus sering mengisi daya. Beberapa aplikasi smartphone menyedot banyak daya baterai sehingga smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar akan bisa lebih bertahan.

KAPASITAS MEMORI INTERNAL
Bagi yang senang memainkan game mobile, pilih smartphone yang memiliki kapasitas memori internal minimal 32GB. Untuk saat ini rata-rata smartphone memiliki kapasitas memori internal minimal 64GB sehingga tak perlu kesulitan memilih mana smartphone yang memiliki kapasitas lebih besar. Jika masih ingin memilih, cari yang bisa di-expand kapasitas memorinya dengan slot MicroSD.

DESAIN
Oke untuk yang satu ini adalah masalah selera. Beberapa smartphone memiliki tampilan lebih keren dari smartphone lain dan jika memang suka, ya ambil. Tetapi jika terlalu fokus pada desain tanpa memperhatikan spesifikasinya, dijamin bakal menyesal. Untungnya desain smartphone saat ini hampir semuanya kece, jadi tinggal sesuaikan dengan spesifikasi yang cocok dan pas.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli smartphone baru. Dengan banyaknya pilihan, pengguna tentu bisa menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Intinya jangan terlalu menuruti nafsu untuk memiliki smartphone paling canggih jika memang tak bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada smartphone tersebut. (idntimes)
BERIKAN KOMENTAR ()