Tak Sabar Jajal 5G? Inilah Smartphone 5G yang Dirilis Tahun Ini

advertise here

Baca Juga

Jaringan 5G sudah banyak dicoba di beberapa negara, dan sayangnya untuk Indonesia belum ada kepastian kapan jaringan 5G ini akan digulirkan. Tetapi rumornya, beberapa provider telekomunikasi Indonesia sudah tak sabar ingin meluncurkan jaringan 5G ini sesegera mungkin. Meskipun di sisi lain jaringan 4G belum bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia secara merata. 


Tetapi sambil menunggu kepastian akan jaringan 5G ini di Indonesia, mungkin tidak ada salahnya mencari informasi terlebih dahulu smartphone mana yang akan digunakan nantinya. Pasalnya ada beberapa smartphone yang telah didukung jaringan 5G yang sudah siap digunakan, dan beberapa diantaranya akan segera dirilis. Sembari menabung sambil menunggu kepastian jaringan 5G, beberapa pilihan smartphone 5G ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan.

SAMSUNG GALAXY S10 5G


Sebagai penguasa pasar smartphone Android dunia, Samsung tentu tak akan ketinggalan untuk masuk ke pasar 5G. Dan menggunakan seri Galaxy S10 terbaru yang dibekali dukungan jaringan 5G, smartphone ini tentu akan laris seperti varian non-5G yang lebih dulu dirilis di pasaran. Selain nama besar Samsung, spesifikasi smartphone ini tidak main-main, dengan chipset kelas atas dan berbagai fitur mumpuni, ditambah kemampuan fotografi yang luar biasa, Samsung Galaxy S10 5G bisa menjadi pilihan utama jika ingin merasakan smartphone dengan jaringan 5G. 

LG V50 ThinQ 5G


Saudara senegara Samsung, LG juga tak ketinggalan dengan sebuah smartphone 5G. Meskipun di Indonesia sendiri LG sudah menyatakan angkat kaki - yang tentu saja sangat disayangkan - LG masih bisa bicara cukup banyak di kancah smartphone dunia. Smartphone ini, V50 ThinQ 5G akan dirilis tanggal 10 Mei mendatang di Korea Selatan, dan diperkirakan akan memiliki harga yang lebih murah daripada Galaxy S10 5G. Secara spesifikasi, LG V50 ThinQ 5G tak memiliki banyak perbedaan dengan seri V40, kecuali tentu saja baterai yang lebih besar dan chipset terbaru Snapdragon 855.

HUAWEI MATE X


Bisa dibilang merupakan rival utama Samsung dan Apple, Huawei memang tak bisa dianggap remeh. Meski diterpa berbagai isu spionase yang cukup mengganggu, Huawei membuktikan bahwa hal tersebut tak bisa mencegah mereka mengembangkan smartphone berkualitas. Huawei P30 Pro adalah bukti terbaru bahwa Huawei masih sangat produktif. Untuk smartphone 5G, Huawei telah menyiapkan smartphone lipat canggih Huawei Mate X, yang sayangnya mengingat kecanggihan teknologi yang ditawarkan harganya akan sangat mahal. Untuk versi lebih terjangkau, Huawei memiliki seri Mate X 5G yang merupakan versi 5G dari smartphone flagship Huawei tahun lalu Mate 20 X.

SONY


Sangat disayangkan memang, perusahaan seperti Sony terasa tertatih-tatih menghadapi persaingan keras industri smartphone dunia. Walaupun Sony masih merilis smartphone yang benar-benar memiliki karakter, berbeda dengan yang lain, tetapi nampaknya belum cukup untuk mengembalikan keperkasaan Sony di jagat smartphone dunia. Untuk saat ini smartphone 5G Sony masih sebatas prototype, dan kemungkinan besar tahun ini akan dirilis. Entah versi 5G dari smartphone terbaru mereka, atau mungkin malah smartphone yang baru lagi. 

XIAOMI MI MIX 3 5G


Sejak kemunculan pertamanya, Xiaomi selalu mampu menarik perhatian penggila smartphone. Pun ketika jaringan 5G mulai mengemuka, Xiaomi langsung bergerak cepat dengan merilis smartphone yang mendukung jaringan 5G, yaitu Mi Mix 3 5G. Mi Mix 3 memang bukan smartphone terbaru, tetapi Xiaomi membuat versi 5G dari smartphone tersebut, dan itu membuat Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone yang memiliki smartphone yang didukung jaringan 5G pertama.

ZTE AXON 10 PRO 5G


ZTE juga tak mau ketinggalan dengan mempersiapkan sebuah smartphone baru yang memiliki dukungan jaringan 5G. Meskipun sayangnya dukungan jaringan 5G ini hanya akan terbatas di wilayah-wilayah tertentu, seperti China, Finlandia, dan Austria untuk sementara. Mungkin ke depannya akan ada wilayah yang ditambah sehingga pengguna smartphone di wilayah lain bisa merasakan pengalaman jaringan 5G menggunakan smartphone ini sebagai mungkin alternatif smartphone mainstream yang sudah banyak dikenal. 

Itulah beberapa smartphone yang didukung jaringan 5G yang sudah dan kemungkinan besar dirilis pada tahun 2019 ini. Tentu sebagai pengguna smartphone Indonesia juga berharap agar jaringan 5G ini bisa segera diluncurkan dan dinikmati di Indonesia. 

BERIKAN KOMENTAR ()