Spesifikasi Lengkap Nokia 6.2, Harga serta Waktu Perilisan

advertise here

Baca Juga

Nokia 6.2 disebut-sebut merupakan smartphone yang digadang-gadang menjadi penerus dari Nokia 6.1 Plus, dan sebagai penerus tentu saja Nokia 6.2 memiliki keunggulan daripada saudara tuanya tersebut. Di beberapa wilayah, Nokia 6.2 ini akan disebut juga sebagai Nokia 6 (2019). Secara singkat, Nokia 6.2 akan mendapatkan upgrade terutama di bagian desain, karena disebut-sebut Nokia tak akan menggunakan notch untuk smartphone ini tetapi sebuah lubang di layar atau punch hole.


SPESIFIKASI LENGKAP NOKIA 6.2
Untuk saat ini penampakan yang banyak beredar di internet masih berupa bocoran, dan belum tentu akan memiliki desain yang sama dengan bocoran tersebut. Tetapi tentu akan menarik melihat Nokia mulai serius dalam mengembangkan perangkat telekomunikasi lagi setelah sekian lama, dan mungkin pada saatnya nanti kita akan melihat Nokia kembali berinovasi dengan teknologi-teknologi unik yang dulu sering mereka lakukan.

Pada Nokia 6.2 ini bagian kamera menjadi salah satu yang mendapatkan perhatian cukup besar karena pada Nokia 6.2 ini dua kamera belakangnya telah mendapatkan dukungan dari Zeiss, produsen lensa terkenal yang namanya tidak asing lagi di dunia fotografi. Untuk prosesornya kemungkinan akan mengalami penurunan meskipun secara performa tidak akan berkurang secara signifikan. Nokia 6.1 Plus menggunakan Snapdragon 636 sementara Nokia 6.2 ini menggunakan Snapdragon 632. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Design
Glass-unibody with Punch-hole front camera
Size 156.9 x 76.2 x 7.9mm
Network and connectivity
Network speed LTE Cat 6, 2CA, 300Mbps DL/50Mbps UL
WiFi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth® 5.0
GPS/AGPS+GLONASS+BDS, NFC
Performance
Operating system Android Pie
RAM 4GB/6GB LPDDR4
CPU Qualcomm® Snapdragon™ 632
Storage
Internal memory 64/128 GB3 eMMC 5.1
MicroSD card slot Support for up to 400 GB4
Hybrid card slot for either second SIM card or MicroSD card
Audio
Connector 3.5 mm headphone jack
Speakers Single speaker with smart amp
Two microphones with Nokia OZO Audio
Display
Size and type 6.18 (inch), IPS LCD, HDR Video playback support
Resolution (2246×1080, 18.7:9), 1:1500 contrast ratio
Camera
Rear camera : 16MP/5MP, Zeiss Optics
OZO Audio capture
Connections and sensors
Cable type USB Type-C (USB 3.0)
Sensors Ambient light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, E-compass, Gyroscope, Fingerprint Sensor, Hall sensor
Battery life
Battery type Integrated 3500 mAh battery2 with Quick Charge
(spesifikasi dari nokiapoweruser.com)

Terlihat pada tabel spesifikasi di atas ada beberapa peningkatan dibandingkan dengan Nokia 6.1 Plus, misalnya pada kamera, kemudian baterai yang lebih besar, serta desain. Untuk performa secara umum memang belum bisa dikatakan bahwa Snapdragon 632 memiliki kinerja yang tidak lebih baik daripada Snapdragon 636. Tetapi memang untuk saat ini belum banyak smartphone yang menggunakan chipset tersebu.

JADWAL PERILISAN DAN HARGA
Untuk saat ini Nokia belum memberikan keterangan resmi mengenai kapan smartphone ini akan dirilis tetapi dari berbagai rumor yang beredar, Nokia 6.2 akan dirilis pada acara MWC 2019 bulan Februari mendatang bersamaan dengan smartphone flagship mereka yaitu Nokia 9. Lalu berapa harganya? Untuk harga dari Nokia 6.2 ini sepertiya akan bervariasi tergantung dari wilayah mana perangkat ini dirilis. 

Untuk ketersediaan pertama kemungkinan besar adalah India, kemudian China dan jika beruntung kemudian pasar global akan menerima smartphone ini. Ingat sewaktu Nokia X6 yang sangat laris di China kemudian menjadi smartphone ghaib sehingga untuk pasar global ketersediaannya sedikit terlambat, dan menggunakan nama Nokia 6.1 Plus. Untuk harganya kemungkinan besar, dengan melihat spesifikasi di atas berkisar antara Rp 3 jutaan sampai Rp 4 jutaan. 
BERIKAN KOMENTAR ()