Lebih Dekat Dengan Sony Xperia XZ4 - Desain, Fitur Unggulan, dan Harga

advertise here

Baca Juga

Tinggal hitungan hari hingga ajang tahunan MWC 2019 digelar. Para penggila gadget ataupun penggila teknologi dari seluruh penjuru dunia bisa dipastikan akan memusatkan perhatian mereka pada acara tersebut, yang setiap tahunnya selalu melahirkan berbagai perangkat-perangkat teknologi menarik, khususnya di bidang teknologi komunikasi, terkhusus lagi adalah smartphone. Dari berbagai rumor sebelumnya, MWC 2019 akan menjadi panggung utama beberapa brand smartphone terkemuka untuk memamerkan produk terbaru mereka, misal Samsung, LG, hingga Sony.


Khusus yang disebut terakhir bisa jadi akan mendapatkan perhatian khusus, disamping tentu saja Samsung. Sony, yang menurut rencana akan menunjukkan smartphone terbaru mereka yaitu Sony Xperia XZ4 tentu akan memaksimalkan ajang ini sebagai media yang tepat untuk memperkenalkan perangkat terbaru mereka itu. Apalagi, smartphone terbaru Sony ini memiliki keunikan yang tak bisa dianggap sepele, disamping konsistensi mereka dalam idealisme tanpa terpengaruh tren desain smartphone dunia. Dan, sebelum kemunculan Sony Xperia XZ4 secara resmi, ada baiknya sedikit berkenalan terlebih dahulu dengan smartphone yang disebut-sebut memiliki postur yang tinggi.

KONSISTENSI DESAIN SMARTPHONE SONY XPERIA
Bicara desain smartphone yang semakin hari semakin berkembang, Sony bisa dibilang adalah satu diantara sekian banyak perusahaan smartphone yang tidak terpengaruh dengan tren desain yang banyak digunakan oleh hampir semua pabrikan smartphone. Bahkan ketika akhirnya Samsung harus "menyerah" dengan merilis smartphone yang memiliki waterdrop notch - meskipun mereka menyebutnya Infinity O agar terdengar sedikit techy - Sony tetap tak menggunakan notch sampai paling tidak Xperia XZ3. Dan begitu juga dengan Xperia XZ4, yang dari berbagai bocoran ternyata tidak menggunakan notch.


Perubahan pada desain pasti ada, dan itu pun tak bisa dihindari Sony misalnya pada rasio layar yang melebar, dengan bezel yang semakin tipis. Sebelum tren rasio layar 18:9, Sony konsisten dengan smartphone kotak tegas yang memiliki bezel cukup tebal di atas dan bawah. Desain kotak khas Sony ini memang terlihat kaku tetapi entah kenapa bisa menjadi pusat perhatian karena sangat berbeda dengan yang lainnya. Belakangan, Razer Phone juga memilih desain kotak tegas untuk smartphone gaming mereka. Desain kotak ala Sony ini kemudian sedikit berubah dengan kemunculan Xperia XZ2 hingga XZ3 yang memiliki sudut sedikit membulat dengan bodi belakang yang smooth. 


Hingga akhirnya, Sony kembali memperkenalkan desain smartphone yang berbeda untuk Xperia XZ4 ini. Bukan berbeda macam Vivo Apex atau Meizu Zero, Sony memilih untuk menambah rasio layar dari 18:9 menjadi 21:9. Akibatnya, fisik smartphone Xperia XZ4 ini menjadi lebih tinggi karena dibutuhkan untuk mengakomodasi layarnya yang juga semakin bertambah tinggi. Bisa jadi, Sony Xperia XZ4 ini adalah smartphone Sony yang paling tinggi sejauh ini. Atau mungkin smartphone yang paling tinggi diantara smartphone lain.

Tampak depan - dari bocoran desain yang banyak beredar - Sony mengembalikan bezel yang cukup tebal untuk ukuran smartphone saat ini. Tetapi masih tanpa notch sehingga bagian depan ini memiliki tampilan yang simetris. Sony sebenarnya tidak menolak mentah-mentah tren pasar, dan buktinya di bagian belakang Xperia XZ4 ini terdapat tiga kamera. Tiga kamera adalah salah satu tren yang hampir menjangkiti semua smartphone flagship saat ini. Tetapi memang tiga kamera milik Xperia XZ4 ini belum diketahui setupnya seperti apa. Selain tiga kamera di belakang, tak ada apa-apa lagi kecuali logo Sony. Dimanakah sensor sidik jari? Kemungkinan Sony menggunakan under display fingerprint - lagi-lagi tren smartphone flagship, atau mungkin FaceID. Untuk fitur pengaman satu ini memang belum ada informasi resmi. Tunggu saja.

HARDWARE
Sony sejak lama, terutama smartphone mereka, dikenal sebagai smartphone yang tangguh dengan dukungan hardware yang mumpuni. Meskipun akibatnya rata-rata smartphone Sony harganya cukup tinggi. Tetapi uniknya, smartphone Sony ini memiliki fanbase yang loyal, tak kalah loyal dengan fanbase smartphone lain. Bedanya fanbase Sony ini tak pernah "mending-mending", tetapi terkadang "tahulah, Sony..blablabla." Jadi sebenarnya sangat disayangkan ketika Sony memutuskan untuk tidak lagi berjualan di Indonesia, padahal fanbase Sony di Indonesia sangat loyal. Bukan apa-apa, yang pasti akan sangat menarik adalah perdebatan antara fanbase-fanbase tersebut. 


Yah, tetapi apapun itu, Sony juga tidak akan main-main untuk hardware di Xperia XZ4 ini. Dengan sudah mencuri perhatian pada desain fisiknya, Sony juga tak ingin spesifikasinya berbanding terbalik, dengan hanya menonjolkan satu sisi, dengan melupakan sisi lainnya. Sony memilih Snapdragon 855 yang terbaru sebagai otak utama untuk Xperia XZ4. Sebagai prosesor dengan teknologi terbaru, bisa dibilang Snapdragon 855 ini adalah prosesor terkuat Android untuk saat ini. Kemudian prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memori internal 256GB. Disini Sony kembali terlihat untuk tidak latah dengan memasang RAM 8GB, 10GB hingga 12GB seperti rata-rata smartphone saat ini. Dan dari uji AnTuTu, terlihat bahwa skor Xperia XZ4 ini lumayan tinggi dengan mencapai skor 395721, lebih tinggi dari smartphone flagship manapun saat ini.

KAMERA DAN FITUR-FITUR LAINNYA
Tidak diragukan lagi Sony merupakan jagonya dalam membuat lensa kamera. Bahkan berbagai brand smartphone populer lain juga menggunakan lensa kamera buatan Sony. Hal ini tidak mengherankan karena lensa Sony merupakan salah satu yang terbaik. Jadi, Sony nampaknya juga tidak akan main-main dengan tiga kamera yang ada pada Xperia XZ4 ini. Di sektor fotografi smartphone, ada dua yang harus dibidik dan ditembak jatuh oleh Sony, yaitu duo Huawei P20 Pro dan Huawei Mate 20 Pro. Keduanya memiliki setup tiga kamera berbeda tetapi menduduki peringkat pertama di situr DxOmark. Tetapi memang untuk saat ini setup tiga kamera milik Sony Xperia ini belum bisa diketahui karena belum ada informasi yang valid terkait dengan kamera-kamera tersebut. Jadi, tunggu saja sampai waktunya tiba.

Untuk fitur-fitur lain yang ada pada Sony Xperia XZ4 ini kemungkinan tak jauh berbeda dengan Xperia XZ3. Headphone jack 3.5 mm yang sebelumnya dirumorkan tidak akan digunakan pada Xperia XZ4 ini sepertinya tidak valid karena ada yang membocorkan bahwa Sony Xperia XZ4 akan memiliki headphone jack 3.5 mm. Kemudian fitur-fitur seperti NFC, USB Type-C, berbagai sensor, serta sertifikasi keamanan IP68 sepertinya juga masih akan ada di Sony Xperia XZ4 ini. 

DENGAN BERBAGAI KEUNIKAN DAN SPESIFIKASI YANG TINGGI, BERAPA HARGA SONY XPERIA XZ4?
Sudah pasti berada di atas Rp 10 jutaan, kecuali jika Sony sedang mabuk dalam menentukan harga smartphone ini. Untuk saat ini harga Sony Xperia XZ4 ini belum ada informasi yang valid sehingga harganya belum bisa diketahui, tetapi sebagai perbandingan, Sony Xperia XZ3, flagship Sony tahun lalu saat ini harganya sekitar $899 atau Rp 12,5 jutaan. Tetapi jika Sony menetapkan harga yang terlalu tinggi untuk Xperia XZ4 ini kemungkinan besar mereka akan sulit bersaing dengan Samsung, terutama Galaxy S10 Series, dan tentunya Apple. Jadi, tunggu dan lihat saja berapa Sony akan menentukan harga dari Xperia XZ4 ini nanti.
BERIKAN KOMENTAR ()